AKBP Mohamad Kholid

Jatanras Polda Riau Ringkus Perampok Bersenpi di Sumut 

Senin,11 Februari 2019 - 22:20:29 WIB Di Baca : 557 Kali

Riauaktual.com - Subdit III, Jatanras Polda Riau mengungkapkan perampokan menggunakan senjata api yang terjadi di Siak. Tiga pelaku berhasil diciduk di beberapa tempat. 

Pengungkapan ini dilakukan, setelah korbannya Irfan Bagaskara (26) warga Pencinta, Kelurahan Sei Kijang, Kecamatan Tapung Hilir, Kampar membuat laporan. Dengan Laporan polisi : LP/ B / 12 / I /2019 / RIAU / RES SIAK / SEK KANDIS tanggal 31 Januari 2019 tentang pencurian dan kekerasan. 

Tiga pelaku yang diamankan, masing-masing Bambang Harianto Ginting (35) warga Sidomulyo Rejo, Kecamatan Binjai Timur,  Binjai, Sumatra Utara dan Adi Fitri Afandi (32) warga Asahan serta Iwan Apriano Harahap (49) warga Asahan, Sumut. 

Loading...

AKBP Mohamad Kholid selaku Kasubdit III Jatanras Polda Riau mengatakan, kejadian berawal pada saat korban berangkat dari rumah Suwasno menggunakan sepeda motor merk Kawasaki KLX tujuan ke PT DAP. 

Saat sampai di TKP korban, tiba-tiba di berhentikan oleh orang yang tidak di kenal dengan menggunakan motor supra X 125 warna hitam. 

''Saat korban berhenti pelaku menodongkan senjata api laras pendek warna silver kepada korban sambil mengatakan kamu serahkan tas mu,'' kata Mohamad Kholid menjelaskan, Senin (11/2/2019) sore. 

Setelah berhenti, terjadi dialog antara korban dan pelaku. Dimana korban mengatakan, bukan saya bang yang membawa uangnya akan tetapi kawan saya''. 

Selanjutnya datang pelaku lain dengan menggunakan motor merk Jupiter Z dan menanyakan kepada korban ada apa ini. 

Karena tidak mengetahui yang datang rekan pelaku, kemudian korban mengatakan, ''Saya dirampok bang''. 

''Tetapi orang tersebut membantu memegang tangan korban dan kemudian pelaku memaksa untuk mengambil tas sandang saya yang berisi uang tunai sebesar Rp75 juta,'' jelas Mohamad Kholid. 

Selain uang tunai, para pelaku juga merampas dua unit handpone merk OPPO F9 dan merk Nokia dan kemudian korban melawan dan sempat bergumul dengan pelaku. 

''Saat bergumul pelaku bernama Bambang memukul kepala bagian belakang korban menggunakan gagang senpi dan kemudian pelaku menembak yang korban tidak tau arah nya sebanyak satu kali,'' jelas Mohamad. 

Penangkapan kata Mohamad, dilakukan Ahad (3/2/2019) oleh Team Jatanras Ditreskrimum Polda Riau berkordinasi dengan Team Opsnal Polres Siak dan gabungan Polsek Kandis. 

''Awal nya tim jatanras mengamankan satu orang diduga pelaku,'' kata Mohamad Kholid. 

Selanjutnya, tim Jatanras Polda Riau, tim Opsnal sat reskrim Polres Siak dan Unit Reskrim Polsek Kandis melakukan pengembangan terhadap pelaku lain nya. Alhasil, berdasarkan hasil pengembangan pelaku diketahui berada di wilayah Kabupaten Binjai Sumatra Utara. 

''Setelah tim datang ke Sumut, Senin (4/2/2019) pagi. Tim melakukan penangkapan terhadap Bambang di Hotel Lestari, Sumut,'' ungkap Mohamad Kholid. 

Lalu, saat diamankan Bambang berusaha melarikan diri. Sehingga tim melakukan tindakan tegas menembak kakinya.

''Saat diintrogasi Bambang mengakui perbuatannya. Ia juga mengaku yang  memegang senjata api tetapi senjata api milik Iwan Harahap,'' terang Mohamad. 

Bambang juga menyebutkan, bahwa otak pelaku perampokan ini adalah Andi. 

Dari keterangan Bambang ini, kemudian kembali dilakukan pengembangan dan meringkus Andi di Home Stay, Kandis, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak.

Satu tersangka lainnya, atas nama Iwan Harahap kembali ditangkap Rabu (6/2/2019) di Kelurahan Pinggir, Kecamatan Pinggir Bengkalis. 

''Saat menangkap Iwan, ia melakukan perlawanan. Sehingga kakinya ditembak secara terukur. Dan ketika dilakukan penggeledahan ditemukan senpi rakitan bersama enam butir amunisi,'' ujar Mohamad. 

''Untuk uang hasil rampokan, setelah dikembangkan hanya tinggal Rp315 ribu,'' imbuhnya. (HA)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...