Ilustrasi kusta. ©dailyrecord.co.uk

6 Fakta Mengenai Kusta yang Penting untuk Kamu Ketahui

Senin,11 Februari 2019 - 06:47:16 WIB Di Baca : 1030 Kali

Riauaktual.com - Kusta merupakan salah satu penyakit yang masih beredar saat ini walau jumlahnya sudah dapat ditekan di Indonesia. Walau penyakit ini masih beredar di masyarakat, namun banyak yang belum memahami penyakit satu ini

Penyakit kusta biasanya dikaitkan dengan cacat yang dialami oleh penderitanya. Kusta tak hanya merusak kulit, namun juga bisa dengan cepat merusak saraf, anggota tubuh gerak, dan mata. Ini membuat kusta menjadi penyakit yang ditakuti dan pasiennya juga seringkali dijauhi karena masyarakat takut tertular.

Mengingat pentingnya mengetahui penyakit ini, maka kamu memerlukan pengetahuan yang memadai tentangnya. Dilansir dari The Health Site, berikut beberapa fakta mengenai kusta yang penting untuk kamu ketahui.

Loading...

Sebelum kamu mengucilkan penderita kusta, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa fakta menarik kusta berikut ini, seperti dilansir oleh The Health Site.

1. Kusta adalah salah satu penyakit tertua di dunia

Kusta merupakan salah satu penyakit tertua di seluruh dunia. Penyakit ini juga dikenal dengan nama Hansen's Disease, berasal dari nama ilmuwan yang menemukannya: Armauer Hansen. Kusta merupakan penyakit menular yang menyerang sistem saraf dan bagian tubuh lain seperti tangan, kaki, dan wajah.

2. Kusta disebabkan oleh bakteri

Penyakit kusta ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Mycobacterium leprae. Salah satu gejala paling umum adalah munculnya bercak putih pada kulit yang membuatnya mati rasa.

3. Kusta tak mudah menular

Banyak yang percaya bahwa bahwa kusta bisa menular akibat air liur dari mulut atau cairan dari hidung. Namun faktanya kusta tak secepat itu menular. Kusta baru bisa menular jika terjadi kontak yang berkali-kali dan sangat dekat dengan pasien.

Lebih khusus, hanya pasien yang tidak diobati saja yang bisa menularkan kusta. Jika pasien sudah melakukan pengobatan, risiko penularan kusta sudah menurun drastis.

4. Gejala kusta berbeda pada masing-masing orang

Gejala kusta bisa berbeda-beda pada masing-masing orang. Salah satu gejala klasik adalah munculnya bercak putih pada kulit yang mati rasa dan tidak bisa merasakan sensasi apapun saat disentuh.

5. Kusta bisa disembuhkan secara gratis

Kusta bisa disembuhkan menggunakan terapi obat-obatan (MDT). Saat ini, berdasarkan siaran dari Menteri Kesehatan, pasien kusta bisa berobat gratis di puskesmas.

MDT untuk kusta terdiri atas kombinasi tiga obat antara lain clozafimine, rifampicin, dan daspone yang biasanya dikonsumsi selama enam sampai 24 bulan masa pengobatan.

6. Kusta yang tak terawat bisa sebabkan cacat

Jika tak segera dirawat, kusta bisa menyebabkan cacat dan perubahan bentuk pada bagian tubuh. Beberapa di antaranya adalah jari tangan dan kaki yang menekuk. Selain itu, kusta juga bisa menyebabkan cacar pada mata dan memicu kebutaan, serta infeksi pada tangan dan kaki.

Ketika seseorang memiliki kusta, maka penting untuk langsung merawat dan mengobatinya agar tak menyebabkan cacat permanen. Perawatan dini dan pengobatan pada penyakit ini dapat membuat seorang pasien kusta sembuh tanpa mengalami maslaah cacat ataupun kerusakan saraf. 

 

Sumber: merdeka.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...