NASA Bikin Sayembara Desain Toilet di Bulan, Hadiahnya Rp500 Juta

NASA Bikin Sayembara Desain Toilet di Bulan, Hadiahnya Rp500 Juta
Sayembara NASA bertajuk Lunar Loo Challange meminta para inovator untuk medesain toilet yang bisa digunakan tak hanya dalam gravitasi mikro, tap juga

Riauaktual.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyiapkan hadiah 35 dolar AS atau sekitar Rp500 juta bagi orang yang mampu membuat desain toilet untuk digunakan astronot di bulan.

Sayembara NASA bertajuk Lunar Loo Challange itu meminta para inovator untuk medesain toilet yang bisa digunakan tak hanya dalam gravitasi mikro, tap juga di permukaan bulan.

Untuk diketahui, Stasiun Luar Angkasa Internasional telah memiliki toilet. Namun hal itu dirancang hanya berfungsi pada gravitasi mikro saja, sebagaimana dikutip CNET, Selasa (30/6/2020).

Sementara dalam misi luar angkasa yang dicanangkan NASA pada 2024, para astronot akan kembali menginjakan kaki di bulan.

Kondisi itu membuat NASA harus menyiapkan berbagai hal, termasuk toilet yang mampu berfungsi efektif dalam permukaan bulan yang memiliki gravitasi seperenam bumi.

"Meskipun kita mungkin tahu cara membuat toilet ruang, kami menyadari bahwa ada banyak inovasi dalam pengelolaan limbah dari toilet tanpa siram hingga toilet tanpa air dan banyak lagi," kata Mike Interbartolo, manajer proyek untuk Lunar Loo Challange, dikutip CNET, Selasa (30/6/2020).

"Jadi kami ingin memperluas basis pengetahuan kami dengan menggunakan tantangan ini untuk menemukan yang tidak diketahui yang mungkin ada di luar sana."

Tantangan ini memiliki dua kategori: teknis dan junior. Pengajuan ke kedua kategori akan jatuh tempo selambat-lambatnya pada 17 Agustus 2020.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index