Barcelona Vs Atletico: Imbang 2-2, Blaugrana Gagal Kudeta Madrid

Barcelona Vs Atletico: Imbang 2-2, Blaugrana Gagal Kudeta Madrid
Barcelona ditahan imbang 2-2 Atletico Madrid di kandang sendiri. (Foto: Getty Images/David Ramos)

Riauaktual.com -  Barcelona harus puas bermain imbang 2-2 saat menjamu Atletico Madrid. Hasil ini membuat Blaugrana gagal menyalip Real Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol.

Pekan ke-33 LaLiga menyajikan big match antara Barcelona kontra Atletico di Camp Nou, Rabu (1/7/2020) dini hari WIB. Kedua tim tampil menyerang sejak babak pertama.

Barcelona lebih dulu unggul di menit ke-12 melalui gol bunuh diri Diego Costa. Atletico membalas tujuh menit berselang lewat tendangan penalti Saul Niguez.

Sepanjang babak pertama, Barcelona lebih unggul secara statistik ketimbang Atletico. Blaugrana mencatatkan 73 persen penguasaan bola dan tujuh upaya percobaan, sementara Los Colchoneros hanya menguasai bola sebesar 28 persen dengan melepaskan empat tembakan.

Pada paruh kedua, Barcelona mencetak gol lewat eksekusi penalti Messi di menit ke-50. Saul kembali menyamakan kedudukan dengan gol penalti keduanya di laga ini, sekaligus membuat laga berakhir imbang 2-2.

Hasil ini membuat Barcelona tertahan di urutan kedua klasemen dengan 70 poin, atau masih tertinggal satu angka dari Madrid yang duduk di posisi pertama. Ada pun Atletico berada di tempat ketiga dengan 59 poin.

Jalannya Pertandingan

Luis Suarez membuka peluang buat Barcelona di menit ke-2 lewat tembakannya dari kotak penalti. Bola masih bisa diamankan Jan Oblak.

Atletico balas mengancam lewat tendangan bebas Yannick Carasco di menit ke-6. Namun, bola hanya meluncur tipis dari gawang Barcelona.

Gol! Barcelona membuka angka lebih dulu di menit ke-12. Diego Costa tercatat melakukan gol bunuh diri ke gawangnya sendiri.

Lionel Messi berperan besar dalam gol kali ini. Bola tendangan bebasnya dari sisi kanan meluncur rendah ke depan gawang dan membentur kaki Costa, sebelum masuk ke dalam jala Atletico. Los Cules unggul 1-0.

Atletico mendapat kesempatan emas menyamakan kedudukan di menit ke-14 lewat titik putih. Hadiah penalti Atletico didapatkan setelah Carasco dilanggar Arturo Vidal.

Costa maju sebagai eksekutor tendangan penalti. Bola tendangannya masih bisa diblok Marc-Andre Ter Stegen ke luar lapangan.

Namun, tendangan penalti harus diulang lantaran Ter Stegen keluar dari garis sebelum Costa menendang bola. Kesempatan penalti kedua Atletico diserahkan kepada Saul Niguez.

Kali ini, Saul mampu menunaikan tugasnya dengan sempurna dan memperdaya Ter Stegen. Kedudukan berubah sama kuat 1-1.

Barcelona nyaris unggul lagi di menit ke-22 lewat sepakan melengkung Messi dari luar kotak penalti. Meski sudah melewati jangkauan Oblak, bola hanya membentur tiang gawang Atletico.

Messi hampir mencetak gol di menit ke-42 lewat tendangan bebas sejauh 27 meter. Bola sepakannya meluncur ke arah gawang, tetapi Oblak mampu menepisnya dengan tangan kanannya.

Kedua tim tidak menambah gol hingga memasuki istirahat turun minum. Babak pertama ditutup dengan skor imbang 1-1.

Messi ditunjuk sebagai eksekutor Barcelona. La Pulga dengan cerdik melakukan tendangan Panenka yang mengelabui Oblak dan membawa tim tuan unggul 2-1. Barcelona mendapat hadiah penalti dua menit setelah babak kedua dimulai. Felipe kedapatan melanggar Nelson Semedo di kotak penalti Atletico.

Gol tersebut juga menjadi yang ke-700 buat Messi sepanjang karier sepakbolanya di Barcelona dan Timnas Argentina.

Atletico nyaris menyamakan kedudukan di meit ke-55. Santiago Arias mengirimkan umpan lambung dari sisi kanan yang disambut tandukan Costa yang berdiri bebas di depan Ter Stegen. Alih-alih tepat sasaran, bola malah melebar ke samping gawang Barcelona.

Atletico kembali mendapatkan tendangan 12 pas di menit ke-61. Semedo kedapatan melanggar Carrasco di kotak penalti Blaugrana, meskipun dari tayangan ulang terlihat pemain Atletico itu diving.

Namun, wasit tetap memberikan hadiah penalti buat Atletico. Saul lagi-lagi maju sebagai eksekutor dan kembali sukses menaklukkan Ter Stegen, sekaligus membuat kedudukan menjadi sama kuat 2-2.

Barcelona mencoba mencetak gol ketiganya selama sisa waktu yang ada. Namun hingga pertandingan usai, kedudukan 2-2 tidak berubah dan menjadi skor akhir pada laga kali ini.

 

Susunan Pemain


Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic (Sergi Roberto 63'), Sergio Busquets (Ansu Fati 85'), Ricard Puig; Lionel Messi, Luis Suarez, Arturo Vidal

Susunan Pemain

Atletico Madrid: Jan Oblak; Renan Lodi, Felipe, Jose Gimene, Santiago Arias; Yannick Carrasco (Thomas Lemar 85'), Saul Niguez, Thomas, Angel Correa (Vitolo 84'); Diego Costa (Alvaro Morata 77'), Marcos Llorente (Joao Felix 69').
 

 

 

Sumber: detikcom

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index