Sore Tadi, TNI AU Evakuasi Pesawat Tempur Hawk yang Jatuh 

Sore Tadi, TNI AU Evakuasi Pesawat Tempur Hawk yang Jatuh 
Proses Evakuasi Pesawat Tempur Hawk 0209, Senin (15/6) (istimewa)

Riauaktual.com – Pesawat tempur Hawk 0209 dievakusi sjeumlah personel TNI AU dari lokasi jatuh di Desa Kubang Raya Kecamatan Siak Hulu, Kampar, Riau, Selasa (16/6). Selanjutnya, pesawat buatan Inggris itu dibawa ke Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru. 
 
"Evakuasi menggunakan truk crane. Kemudian dibawa ke Skadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin," kata Komandan Lanud (Danlanud) Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama TNI Rony Irianto Moningka saat dihubungi.
 
Proses evakuasi dilakukan pada Selasa sekitar pukul 16.00 WIB dan berlangsung tertutup. Puluhan prajurit TNI melakukan penjagaan ketat lokasi kejadian. Ada 3 rumah yang rusak akibat tertimpa badan pesawat serta kursi pilot di lokasi kejadian. 
 
Dalam proses evakuasi, bangkai pesawat dinaikkan ke atas truk menggunakan crane. Seluruh badan pesawat yang rusak total itu ditutup menggunakan terpal biru setelah naik di atas truk. Personel memakan waktu sekitar satu jam untuk mengangkut badan pesawat ke atas truk hingga ke luar dari pemukiman itu. 
 
Meski badan pesawat sudah dievakusi, Ronny memastikan proses investigasi tetap dilanjutkan di markas Lanud Roesmin Nurjadin. "Proses investigasi tetap berlangsung," ungkapnya. 
 
Sebelumnya diberitakan, kecelakaan Hawk itu terjadi di jalan Sialang Indah, RT04 RW01 Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar sekitar pukul 08.15, Senin (15/6) pagi. (San)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index