6 Kebiasaan yang dengan Cepat Merusak Kinerja Otak, Ngeri!

6 Kebiasaan yang dengan Cepat Merusak Kinerja Otak, Ngeri!
Kinerja Otak Rusak

Riauaktual.com - Semua pasti sudah tahu dong jika otak merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Sebab otak merupakan sistem kontrol dari semua aktivitas yang terjadi pada tubuh.

Tidak hanya itu saja, otak juga berfunsi sebagai tempat menyimpan informasi dan pengalaman dan segala hal lain yang telah Anda jalani sejak lahir.

Maka tidak heran jika otak harus dijaga dengan sebaik-baiknya.

Namun ternyata tanpa kita sadari kebiasaan-kebiasaan ini justru membuat kinerja otak rusak dengan cepat. Sepele sih, tapi berujung mengerikan!

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

Jika melihat makanan gurih pasti selalu ingin kita makan, benar bukan? Karena banyaknya garam yang terkandung dalam sebuah makanan ternyata justru membuat kinerja otak akan rusak.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Neurology ini mengatakan bahwa konsumsi garam berlebih dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

Kondisi pembuluh darah yang rusak akibat tekanan darah tinggi dan stroke itulah yang dapat menyebabkan kerusakan otak.

2. Konsumsi Gula Berlebih

Menurut ahli dari Charite University Medical Centre, Jerman, gula darah berlebih akibat konsumsi gula berlebih bisa menyebabkan dan membahayakan struktur serta fungsi otak.

Misalnya, kondisi ini bisa membuat bagian otak yang terdapat di area hipokampus menjadi mengecil.

3. Tidak Sarapan

Hal yang dianggap kita sepele ternyata berdampak sangat besar bagi kesehatan otak loh tipstrenners.

Bagaimana tidak melewati sarapan sama halnya dengan meniadakan asupan energi di pagi hari. Padahal, energi dari makanan ini merupakan salah satu asupan penting untuk aktivasi otak.

4. Terlalu Banyak Makan

Makan lah dengan secukupnya memang merupakan kata yang tepat. Sebuah studi yang dilakukan oleh Program Neuroscience di Penyalahgunaan Zat di Universitas Vanderbilt akhirnya angkat bicara.

Mereka menemukan bahwa orang yang secara teratur makan makanan berlemak secara berlebihan dapat menderita kerusakan di otak.

Hal tersebut dapat menyebabkan otak untuk mengirim sinyal untuk terus makan, meskipun orang tersebut sebenarnya sudah kenyang.

5. Jarang Minum

Yang harus tipstrenners tahu nih, 70% dari tubuh manusia diisi oleh air. Air berperan sangat penting bagi fungsi kerja otak dan pergerakkan tubuh kita.

Studi membuktikan bahwa kasus dehidrasi dapat menyebabkan turunnya fungsi kognitif otak manusia. Orang yang dehidrasi akan sulit mencerna informasi, merasa pusing, bahkan apabila parah, dapat terjadi kejang-kejang.

6. Kurang Tidur

Hayo siapa diantara kalian yang selalu tidur larut malam, bahkan hingga bertemu pagi lagi?

Para peneliti mengatakan bahwa kurang tidur bisa membuat kewaspadaan dan konsentrasi otak menurun.

Makanya, jangan heran kalau dirimu menjadi gampang lupa, sulit berpikir jernih, atau suka bingung sendiri bila kekurangan tidur.

Dalam dunia medis, kurang tidur juga bisa menimbulkan gangguan berpikir akibat otak yang kelelahan. Para ahli menyebut kondisi ini dengan istiah brain fog, bahasa sederhananya lemah otak alias lemot.

 

 

Sumber: pojoksatu.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index