Robin Eduar Kritisi Kinerja DLHK Pekanbaru

Robin Eduar Kritisi Kinerja DLHK Pekanbaru
Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Robin Eduar

Riauaktual.com - Anggota Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Robin Eduar mengkritisi kinerja dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, salah satunya adalah dalam hal membersihkan Drainase atau saluran air. 

"Janganlah bagian atasnya saja yang dibersihkan, tapi bagian bawah juga. Lumpur dan sampah harus juga harus dibersihkan. Ini banyak kita temui di beberapa ruas jalan," kata Robin Eduar, Rabu (10/06/2020). 

Apalagi, kata Politisi PDI Perjuangan ini, Kota Pekanbaru dalam beberapa hari belakang ini selalu diguyur hujan yang cukup deras, dan tak jarang ketika diguyur hujan akan banyak bermunculan genangan air di Pekanbaru. 

"Kalau lumpur dan sampah tidak diangkat hari hujan sebentar saja udah meluap. Kalau lumpur diangkat saya berani jamin itu tidak akan ada genangan air," sebutnya. 

Permasalahan saluran air di Pekanbaru sendiri diperparah dengan adanya bangunan Rumah Toko (Ruko) yang dengan sengaja menutup habis saluran air dengan menggunakan sementara beton. 

Hal tersebut tentu semakin mempersulit petugas kebersihan untuk membersihkan gorong-gorong tersebut. 

"Ini salah satu kelalaian pemerintah dalam memberikan izin, seharusnya ini dilakukan pengawasan. Jika tak ada pengawasan mereka (pemilik Ruko) membangun dengan sesuka hati mereka," ucap Robin.

Selanjutnya Robin menegaskan dalam hal ini Pemko Pekanbaru harus berani mengambil sikap dan juga memberikan sanksi kepada pemilik Ruko yang telah melanggar perizinan. 

"Dalam hal ini pasukan kuning (petugas kebersihan) tidak bisa disalahkan, seharusnya kontraktor atau pemilik Ruko ini harus diberikan tindakan yang tegas," sebutnya. 

Disamping itu Robin juga meminta Pemko Pekanbaru harus lebih ketat dan juga selektif dalam memberikan izin, karena perizinan yang dikeluarkan tersebut sangat berpengaruh kepada hidup masyarakat. (Don)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index