Ternyata Sepatu Sepak Bola Beckham, Ozil dan Zinedine Zidane Didesain Pria Asal Klaten

Ternyata Sepatu Sepak Bola Beckham, Ozil dan Zinedine Zidane Didesain Pria Asal Klaten
Int

Riauaktual.com - Siapa yang menyangka, jika di balik kelincahan para pemain sepak bola kelas dunia, ada jasa seorang pria asal Klaten, Jawa Tengah, bernama Rudi Swasto.

Pria ini diam-diam memegang peranan penting bagi kelancaran para bintang dunia saat mengolah si kulit bundar di lapangan. Tak hanya soal performa, tapi juga efek yang dirasakan oleh sang pemain sendiri.

Kiprah Rudi yang mendesain sepatu-sepatu para pemain top dunia ternyata berawal saat dirinya dikontrak sebagai desainer oleh salah satu perusahaan sepatu ternama asal Jerman, Adidas. Desain sepatu para pemain dunia yang memakai merek tersebut, berasal dari rancangan Rudi.

Dilansir dari Antara, Minggu (3/5/2020), para pemain tersebut adalah David Silva, Mesut Ozil, Van Persie, Dani Alves, David Beckam, Paul Pogba, hingga Zinedine Zidane. Tak hanya menunjang performa di lapangan, hasil desain Rudi digunakan untuk keperluan gambar di permainan gim sepak bola.

Karena digunakan oleh pemain kelas dunia, Rudi tak sembarangan dalam mendesain sepatu mereka. Setiap bintang lapangan hijau itu rupa-rupanya memiliki spesifikasi dan bentuk tertentu untuk menunjang aksi mereka saat bertanding. Salah satunya adalah Van Persie yang memesan langsung melalui tim teknisnya.

Saat berkonsultasi, Van Persie menginginkan agar pool sepatunya lebih panjang dari yang lain agar memiliki daya cengkeraman lebih kuat dan tidak mudah jatuh. Rudi pun mendesain sesuai dengan karakter sepatu yang diminta oleh Van Persie. Selain itu, ia juga merancang sepatu untuk David Beckham dan Zinedine Zidane untuk keperluan latihan.

Tidak mudah untuk mengerjakan sepatu bagi para pemain kelas dunia. Rudi yang menjadi desainernya, harus memutar otak hingga 6 bulan lamanya untuk melakukan riset, yakni memperhitungkan berat beban, konsep, kekuatan, aerodinamis, hingga menemukan bahan yang tepat untuk digunakan pemain.

Tak jarang, pihak Adidas kerap mengundang Rudi ke Jerman saat proses perencanaan dan finalisasi agar memberikan hasil maksimal pada sepatu yang dirancangnya. Di sana, Rudi bertindak seperti seorang konsultan yang memberikan masukan pada sepatu yang dibuat. Tak jarang tim teknis dari sang pemain ikut dilibatkan dan melakukan test drive di lapangan.

Menurut Rudi, sepatu-sepatu para pemain sepak bola itu ternyata di produksi di Indonesia, yakni mulai dari proses perencanaan desain hingga penjahitan. Hanya saja, harganya kemudian melambung karena menyesuaikan sistem pasar yang ada. Di samping itu, ada sebuah teknologi khusus yang enggan dibocorkan oleh Rudi karena alasan profesionalisme.

Menurut Rudi, faktor sumber daya manusia (SDM) perlu di-upgrade guna meningkatkan kualitas sepatu yang dihasilkan. “Jika saja ada satu teknologi dalam proses pembuatan sepatu dimiliki Indonesia, maka kualitas dan kekuatan brand sepatu lokal Indonesia akan mengalahkan merk-merk dunia lainnya,” ucapnya yang dikutip dari Antara.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index