14 Tipe Kepribadian Berdasar Warna Favorit

14 Tipe Kepribadian Berdasar Warna Favorit
Ilustrasi warna. ©Pexels

Riauaktual.com - Kepribadian seseorang mempengaruhi preferensinya dalam berbagai hal, mulai dari makanan kesukaan, gaya berpakaian, sampai warna favorit. Karena itu dengan mengetahui preferensi seseorang terhadap berbagai hal, secara teori kita bisa mengetahui kepribadian orang tersebut. Preferensi terhadap warna merupakan salah satunya.

Analisis warna adalah metode yang sudah lama dipakai untuk mengetahui jenis kepribadian seseorang. Keberadaan warna di dunia sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Menurut ilmu chromotherapy, warna-warna tertentu berkaitan erat dengan kondisi mental dan kesehatan seseorang. Karena itu dapat digunakan untuk terapi psikologis. Konon kekurangan dalam kepribadian seseorang bahkan bisa diseimbangkan dengan menggunakan terapi warna.

Berikut ini adalah analisis mengenai tipe-tipe kepribadian seseorang berdasarkan warna favoritnya yang dikutip dari Care2.

 

1. Merah

rev2

Merah adalah warna yang melambangkan kekuatan, kesehatan, dan vitalitas. Warna ini biasanya disukai oleh mereka yang berkepribadian terbuka, agresif, impulsif, dan penuh semangat. Kelebihan dari para penyuka warna merah adalah optimisme dan disiplin mereka yang tinggi dan sikap dinamis yang mereka miliki. Tetapi mereka juga terlalu ambisius, subjektif, dan cenderung mudah menghakimi orang lain.

 

2. Merah hati/ merah marun

ilustrasi tabir surya

©Shutterstock

Warna merah gelap ini merupakan perlambang dari kesuksesan dalam menghadapi cobaan hidup. Merah hati adalah warna kesukaan orang-orang yang dewasa karena tempaan hidup. Pengalaman hidup yang berat di masa lalu telah mengubah orang-orang penyuka warna merah marun menjadi pribadi-pribadi yang menyenangkan dan murah hati. Orang-orang yang menjadikan merah marun sebagai warna kesukaannya memiliki disiplin tinggi seperti halnya orang-orang penyuka warna merah.

 

3. Merah muda

ilustrasi tabir surya

©Shutterstock

Warna ini mewakili aspek kelembutan dalam ciri-ciri kepribadian yang ditunjukkan oleh warna merah. merah muda melambangkan cinta dan kasih sayang tulus. Orang yang menyukai warna ini biasanya memiliki sikap keibuan. Karena itulah sebagian besar penyuka warna merah muda adalah perempuan.

Orang-orang dengan kepribadian tipe merah muda selalu merasa butuh perlindungan, perlakuan khusus, dan hidup yang tenang. Mereka sangat membutuhkan cinta, ingin merasa dicintai dan dilindungi. Mereka biasanya memiliki sikap yang charming dan lembut. Tetapi keburukannya adalah mereka cenderung rapuh dan sensitif.

 

4. Oranye

ilustrasi tabir surya

©Shutterstock

Oranye adalah warna yang melambangkan kemewahan dan kesenangan. Orang-orang yang menyukai warna oranye biasanya berkepribadian menyenangkan dan menonjol. Mereka sangat menyukai interaksi sosial. Orang-orang dengan pribadi oranye berjiwa muda, tidak kenal takut, penuh rasa penasaran, dan tidak mudah lelah.

Mereka suka dan bisa menarik perhatian orang lain, karena itu berbakat menjadi populer. Tetapi sifat seperti itu juga menjadikan mereka suka mencari-cari perhatian dan cenderung mendramatisir keadaan. Selain keburukan dari sikap penyuka warna oranye (dan kebanyakan orang populer) adalah mereka tergolong plin-plan, mudah mengubah pendirian agar dapat diterima oleh lingkungan sekitarnya.

 

5. Kuning

ilustrasi tabir surya

©Shutterstock

Kuning adalah warna keceriaan, kebijaksanaan, dan imajinasi. Warna kuning biasanya dipilih oleh orang-orang yang haus petualangan, menyukai hal-hal baru dan aktualisasi diri. Sama seperti matahari yang cahayanya mengandung banyak unsur warna kuning, orang-orang yang menyukai warna kuning juga memiliki kepribadian 'cerah'.

Kuning juga mewakili intelektualitas dan segala hal yang berhubungan dengan pikiran. Karena itulah orang-orang yang menyukai warna kuning biasanya cerdik, berbakat dalam bisnis, dan memiliki selera humor yang baik. Mereka memiliki pikiran yang jernih, bisa menilai kemampuan sendiri secara tepat.

Mereka sangat menyukai kebebasan, baik dalam mengambil tindakan maupun berpikir. Ini merupakan hal yang bagus karena menandakan kalau mereka suka menjadi orang yang independen. Tetapi di sisi lain mengakibatkan orang-orang penyuka kuning jadi suka melalaikan tanggung jawab dan sulit bekerja dengan orang lain.

 

6. Hijau

ilustrasi tabir surya

©Shutterstock

Hijau adalah warna yang melambangkan harmoni dan keseimbangan. Hijau mewakili harapan dan perdamaian. Warna ini biasanya disukai oleh mereka yang berkepribadian lembut dan jujur. Orang-orang penyuka hijau biasanya terus terang dalam berkata-kata, suka berada dalam komunitas dan mampu bersosialisasi dengan baik. Mereka sangat menyukai kedamaian hidup dan karenanya akan melakukan berbagai hal untuk mencapai hal itu. Mereka tidak suka mencari masalah dan pemecahan lewat jalan kekerasan.

Tetapi karena sikap cinta damai itu pula, biasanya orang-orang penyuka warna hijau lebih memilih untuk tidak menonjolkan diri saat berinteraksi dalam komunitas. Mereka bisa bersikap sederhana dan sabar, dan karena itu kadang suka dimanfaatkan oleh orang lain.

 

7. Biru

ilustrasi warna

©Pexels

Warna biru memberikan kesan lembut, menenangkan dan perhatian. Warna ini melambangkan kehati-hatian, konservatisme, dan introspeksi. Orang-orang penyuka biru biasanya sabar, sensitif, punya pengendalian diri yang bagus, dan mudah menyadari kesalahannya.

Mereka senang jika dikagumi orang lain karena kebijaksanaan dan kestabilan karakter mereka. Mereka loyal jika sudah meyakini sesuatu. Tetapi orang-orang yang menyukai warna biru seringkali menunjukkan sikap yang terlalu hati-hati. Karena itu mereka lebih menyukai sesuatu yang bersifat konservatif. Dan karena sikap konservatif itu pula mereka jadi sering curiga pada orang-orang yang memiliki kepribadian serba spontan dan menonjol seperti para penyuka merah dan oranye.

 

8. Turquoise/Toska

ilustrasi warna

©Pexels

Penyuka warna turquoise/pirus/atau biru kehijauan biasanya memiliki pribadi yang rumit. Mereka memiliki imajinasi tinggi dan pemikiran yang orisinil. Karena itu biasanya mereka bisa diandalkan untuk menghasilkan ide yang cemerlang dan kreatif. Tetapi orang-orang yang menyukai warna ini biasanya juga terlalu menahan diri. Ada beban berat yang mereka sembunyikan di balik sosok mereka yang tampak tenang.

 

9. Violet

ilustrasi tabir surya

©Shutterstock

Penyuka warna ini biasanya orang-orang yang hidup dalam 'dunia mimpi'. Mereka terlalu fokus dengan diri sendiri hingga tidak menyadari hal-hal yang terjadi di sekitar mereka dan mereka cenderung tidak suka bekerja keras. Mereka suka hal-hal mewah seperti pergaulan dengan lingkungan kelas atas. Menyukai baju-baju bagus dan selalu berusaha tampil modis. Mereka memiliki jiwa kreatif, sifat yang sopan, menyenangkan, dan jenaka.

 

10. Ungu

ilustrasi tabir surya

©Shutterstock

Orang-orang yang menyukai warna ungu biasanya individualistik, jenaka, sensitif, dan selalu ingin tampil beda. Pribadi mereka yang menyukai hal-hal unik dan berbeda menjadikan mereka dipenuhi ide kreatif dan tidak menyukai hal-hal yang bersifat konvensional, cocok menjadi pimpinan.

Sebenarnya para penyuka ungu termasuk pribadi yang toleran, tetapi mereka juga cenderung rewel, temperamental, dan berharga diri tinggi. Mereka suka menarik diri dan bersikap kasar jika ada orang yang salah paham terhadap mereka.

 

11. Cokelat

ilustrasi warna

©Pexels

Para penyuka warna cokelat memiliki stamina yang baik. Mereka sabar, berpendirian kuat, serta mudah introspeksi. Karena itu para penyuka cokelat bisa diandalkan. Tetapi karena pendirian kuat mereka dipadu dengan sikap konservatif, hal itu menjadikan mereka keras kepal, tidak fleksibel, dan tidak suka melakukan tindakan impulsif.

Mereka tidak terlalu pandai berbicara dan kurang bijaksana, tetapi sangat suka jika diberikan tanggung jawab dan akan berusaha untuk menjalankan tanggung jawab itu dengan sebaik-baiknya.

 

12. Hitam

ilustrasi warna

©Pexels

Warna hitam menunjukkan pribadi yang bermartabat, dihargai orang lain tetapi tidak pula menonjolkan diri. Orang-orang yang menyukai warna ini biasanya memang suka menciptakan kesan misterius bagi orang lain di sekeliling mereka. Pola pikir mereka sulit diterka, sebab tidak terlihat dari penampilan luar mereka. Mereka juga suka menahan diri dari hasrat dan keinginan duniawi.

 

13. Abu-abu

ilustrasi tabir surya

©Shutterstock

Abu-abu adalah lambang dari kehati-hatian dan kompromi. Mereka adalah orang-orang yang rajin, berbakat dalam bisnis, dan mau bekerja keras tanpa imbalan. Tetapi hal ini juga menjadikan mereka cenderung kerja berlebihan. Mereka membutuhkan kedamaian dan ketenangan dalam hidup mereka.

Para penyuka abu-abu yang sudah dewasa ingin agar kesulitan dan kesenangan dalam hidup mereka berjalan seimbang. Sementara yang masih muda cenderung menarik diri dari kehidupan sehari-hari dan berusaha menyembunyikan kepribadian mereka.

 

14. Putih

ilustrasi tabir surya

©Shutterstock

Putih adalah warna yang menjadi simbol kemurnian, kesucian, dan kepolosan. Warna ini identik dengan kemudaan dan kemurnian. Jika Anda adalah orang dewasa yang menyukai warna putih, maka itu menandakan sikap perfeksionis.

Anda cenderung menetapkan standar yang terlalu tinggi terhadap segala sesuatu. Tetapi orang-orang yang menyukai warna putih biasanya juga menyukai segala sesuatu yang sederhana. Gaya hidup yang mereka terapkan pun cenderung sederhana.

Itulah berbagai tipe kepribadian jika dilihat dari warna kesukaan. Apa yang dikatakan warna kesukaan Anda mengenai diri Anda? 

 

 

Sumber: Merdeka.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index