Tak Perlu Kuatir, Masyarakat Tak Punya NIK Tetap Dapat Bantuan Terdampak COVID-19, Ini Penjelasannya

Tak Perlu Kuatir, Masyarakat Tak Punya NIK Tetap Dapat Bantuan Terdampak COVID-19, Ini Penjelasannya

Riauaktual.com - Dalam rangka membantu ekonomi masyarakat yang terdampak Covid -19 di wilayah Kabupaten Siak, Bupati Alfedri meminta pihak Badan Amil Zakat Nasional  (BAZNAS) agar dapat memperhatikan masyarakat yang belum punya Nomor Induk Kependudukan (NIK), khususnya yang beragama Islam.

Selain itu, Alfedri mengapresiasi kinerja Baznas Siak yang telah bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemkab) Siak.

Hal tersebut di sampaikan Alfedri saat melangsungkan pertemuan bersama Komisioner Baznas Siak.

"Terutama dalam menanggulangi masyarakat yang terdampak positif covid - 19. Yang di lakukan sejak bulan februari hingga akhir mei 2020,"sebut Alfedri ke Riauaktual.com, Selasa (09/06/2020).

Menurut dia, selama dampak penularan pandemi Covid-19 di Siak, Baznas Siak telah berhasil kucurkan dana untuk membantu masyarakat sebesar 3.4 Milyar lebih.

"Ini merupakan hal yang luar biasa untuk membantu dan meringankan beban pemerintah dalam penaganan masyarakat yang terdampak oleh penularan virus tersebut,"sebut dia.

Sampai saat ini, lanjut Alfedri, pemerintah terus berupaya untuk memperhatian masyarakat yang terdampak dari pengaruh penularan Covid -19. Baik itu bantuan pemerintah pusat maupun daerah.

"Hal ini berkat kesungguhan kita dalam memberikan perhatian kepada masyarakat.

"Saat ini, warga kita yang terdampak akibat penularan virus tersebut sekitar 52 ribu KK. Alhamdulillah, hal ini dapat kita layani secara bersama - sama. Baik dari bantuan pusat hingga daerah, disamping itu adanya sinergi pihak Baznas dan swasta,"terang Bupati Siak tersebut.

Kata Alfedri, kedepannya dia berharap kepada pihak Baznas Siak untuk memperhatikan dan membantu masyarakat yang tidak mempunyai NIK yang tidak ada dalam data Dinas Sosial.

"Insyaallah dalam waktu dekat, data warga yang tidak punya Nik tersebut rampung,"ujar Alfedri.

Sementara ketua Baznas Siak Abdul Rasyid Suharto menyebutkan, bahwa Baznas Siak telah mengkucurkan dana untuk penangan Covid 19 mulai bulan Februari hingga Mei 2020, sebanyak 3,4 milyar lebih.

Menurut dia, bantuan yang telah diberikan melalui Baznas Siak berupa alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis dan juga bantuan Limbako untuk masyarakat yang terdampak Covid - 19 yang tersebar di 14 kecamatan.

"Bantuan sembako yang diluncurkan Baznas Siak mencapai 9000 KK lebih. Dan untuk kedepannya, kita akan melanjutkannya lagi sesuai arahan pak Bupati Alfedri,"pungkasnya. (Infotorial/Baim)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index