Waduh! Imam Positif Covid-19, Arab Saudi Tutup Masjid Lagi

Waduh! Imam Positif Covid-19, Arab Saudi Tutup Masjid Lagi
Foto: Anadolu Agency.

Riauaktual.com - Pemerintah Arab Saudi kembali menutup 39 masjid usai adanya kecurigaan penularan coronavoirus disease 2019 (Covid-19) antarjemaah. Tidak disebutkan secara detail lokasi 39 masjid itu.

Kementerian Urusan Agama Islam Arab Saudi menginformasikan, penutupan kembali masjid dilakukan sebagai upaya mencegah penularan virus. Masjid yang ditutup akan disterilkan. 

Mengutip Saudi Al Arabiya, Pemerintah Kota Dammam, Arab Saudi timur, Kamis (4/6/2020), menutup sebuah masjid setelah imamnya diduga terinfeksi Covid-19.

Imam masjid itu mengirimkan pesan WhatsApp kepada para jemaah dan menginformasikan kepada pihak kementerian setelah dirinya curiga terinfeksi.

"Masjid sudah ditutup. Imam dan muazin sementara dilarang beribadah ke masjid karena dicuriga terinfeksi virus. Masjid juga telah ditutup sebagai tindakan penegahan untuk keselamatan para jemaah," kata Kepala Direktorat Masjid di Dammam, Ahmad Al Mahashir kepada Sabq seperti mengutip Gulf News.

Pekan lalu pemerintah Arab Saudi baru membuka kembali masjid-masjid selain di Kota Makkah. Hal itu seiring dengan rencana penerapan tatanan kehidupan baru (new normal) secara bertahap.

Pemerintah menerapkan protokol kesehatan bagi semua jemaah yang beribadah di masjid. Masjid hanya dibuka 15 menit sebelum azan dan ditutup kembali 10 menit setelah salat berjamaah. Durasi salat dipersingkat menjadi 10 menit.

#

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index