ils/ int

Berikut Petunjuk Memilih Pemimpin

Minggu,13 Januari 2019 - 09:07:32 WIB Di Baca : 389 Kali

Riauaktual.com - Kita setiap beberapa tahunnya selalu dihadapkan dengan pemilihan Pilkada serentak, Pilpres dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus cerdas dalam memilih pemimpin yang sesuai tuntunan Alquran.

Dalam Alquran sudah dijelaskan mengenai kriteria pemimpin yang baik. Allah SWT berfirman, "Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami, dan telah Kami wahyukan kepada mereka untuk senantiasa mengerjakan kebajikan, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kamilah mereka selalu mengabdi," (QS Al Anbiya' :73).

Ayat ini berbicara pada tataran ideal tentang sosok pemimpin seperti yang ada pada diri para nabi manusia pilihan Allah.

Para ulama telah lama menelusuri Alquran dan hadis dan menyimpulkan minimal ada empat kriteria yang harus dimiliki oleh seseorang pemimpin.

Semuanya terkumpul di dalam empat sifat yang dimiliki oleh para nabi/rasul sebagai pemimpin umatnya, yaitu Shiddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh.

Shidiq, yaitu kebenaran dan kesungguhan dalam bersikap, berucap, dan bertindak dalam melaksanakan tugasnya. Lawannya adalah bohong. Sedangkan Amanah adalah kepercayaan yang menjadikan dia memelihara dan menjaga sebaik-baiknya apa yang diamanahkan kepadanya, baik dari orang-orang yang dipimpinnya, terlebih lagi dari Allah SWT. Lawannya adalah khianat.

Sementara itu, Fathonah yang berarti kecerdasan, cakap, dan handal yang melahirkan kemampuan menghadapi dan menanggulangi persoalan yang muncul. Lawannya adalah bodoh. dan yang terakhir Tabligh, yaitu penyampaian secara jujur dan bertanggung jawab atas segala tindakan yang diambilnya (akuntabilitas dan transparansi). Lawannya adalah menutup-nutupi (kekurangan) dan melindungi (kesalahan).

Petunjuk Alquran dalam memilih pemimpin itu sudah selayaknya kita terapkan. Semoga dalam pesta demokrasi nanti akan terpilih pemimpin-pemimpin yang mempunyai keempat sifat tersebut. Amin.

Loading...

 

Sumber: akuislam.id


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...