Sekitar 1.200 Jemaah Calon Haji Asal Pekanbaru Gagal Berangkat Tahun Ini 

Sekitar 1.200 Jemaah Calon Haji Asal Pekanbaru Gagal Berangkat Tahun Ini 
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Ada Sekitar 1.200 orang Jemaah Calon Haji (CJH) asal Kota Pekanbaru batal berangkat ke tanah suci tahun ini. Kementrian Agama (Kemenag) RI tidak memberangkatkan JCH tahun 2020 karena pandemi covid-19 masih melanda.

Kepala Kantor Kemenag Pekanbaru, Edwar S Umar mengaku sudah melakukan pertemuan online dengan KBIH dan travel agen terkait pembatalan keberangkatan JCH asal Kota Bertuah. Ia percaya masyarakat bakal memahami kondisi ini.

Apalagi pihaknya sudah memberitahu para JCH lewat KBIH masing-masing perihal rencana pembatalan keberangkatan JCH ke Mekah. Ia menilai para JCH Kota Pekanbaru sudah siap dengan pembatalan keberangkatan ini.

"InysAllah para JCH asal Pekanbaru siap menerima keputusan ini, apalagi sudah kita kabari lewat KBIH dan travel agen masing-masing," sebutnya, Selasa (2/6/2020) kemarin.

Edwar mengaku hingga kini belum ada JCH yang mendatangi Kantor Kemenag Pekanbaru. Ia memastikan mereka sudah siap dengan kondisi ini.

Apalagi para JCH harus membayar dengan biaya tinggi bila memang ingin berangkat ke tanah suci tahun ini. Para JCH harus membayar 500 persen dari biaya haji saat normal.

Pada tahun ini ongkos naik haji reguler mencapai Rp 32 juta. Maka ia pun mengimbau JCH untuk menanti hingga tahun 2021 mendatang.

"Para JCH yang tidak berangkat tahun ini bakal jadi prioritas pada tahun 2021. Kita berharap para jemaah bisa bersabar dan beroda agar bencana covid segera berakhir," sebutnya.

Pihaknya pun segera membagikan buku manasik haji kepada para JCH. Proses penyerahannya lewat KUA masing-masing.

"Jadi para jemaah bisa belajar jelang berangkat tahun depan, InsyaAllah semua jemaah bisa berangkat ke tanah suci tahun 2021," tandasnya. (DO)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index