ils/ int

Stop Meratapi Kekurangan, Mulai Cintai Diri Sendiri...!

Sabtu,12 Januari 2019 - 09:20:07 WIB Di Baca : 571 Kali

Riauaktual.com - Setiap manusia pasti pernah berbuat salah dan memiliki kekurangan, namun terkadang kita terlalu fokus pada hal tersebut hingga lupa bagaimana caranya untuk mencintai diri sendiri. lalu bagaimanakah cara untuk berhenti menyalahkan dan mulai untuk mencintai diri sendiri?

Berikut 7 langkah untuk melakukan hal tersebut menurut Melanie Greenberg, Ph.D dilansir dari Psychology Today :

1.Sadar Saat Mengalami Tekanan Emosi dan Stress

Loading...

Kita bisa memulai dengan menaruh lebih banyak perhatian pada perubahan emosi yang terjadi dalam diri.

Khususnya pada emosi negatif, ketika mulai sadar dengan pikiran negatif atau kecemasan, berhenti dan katakan pada diri sendiri “Ini adalah saat yang sulit” “saya sedang merasa tertekan saat ini.” intinya adalah sadari.

2.Terima Perasaan Tersebut

Ketika pikiran negatif dan kecemasan datang, maka ada baiknya kamu menerima daripada mencoba untuk menghindar. Jika hal tersebut adalah pikiran negaif maka mulai cari penyebabnya (kecemasan, kesedihan, atau kemarahan), atau pindai tubuh kamu untuk melihat di mana kamu merasakan ketegangan atau ketidaknyamanan. Mungkin di dada, perut, bahu, tenggorokan, wajah, rahang, atau area lainnya.

3.Posisikan Dirimu Sebagai Orang Yang Kamu Cintai

Jika orang yang kamu cintai entah itu sahabat atau keluarga merasakan sesuatu yang tak nyaman dalam dirinya, maka apa yang akan kamu lakukan?

Mungkin akan ada dorongan dalam diri kamu untuk memabantu dan menghibur mereka. Sekarang cobalah posisikan dirimu sebagai orang tersebut yang pantas mendaptakan kasih sayang dan perhatian, ya dari dirimu sendiri.

4.Ambil Hikmah dari Hari Kemarin

Jika permasalahan dirimu di hari kemarin saja bisa kamu lalui, maka jika hari ini kamu kembali mengalaminya ingatlah bagaimana dulu kamu bisa melewati hal tersebut.

Jangan terus menyalahkan diri sendiri, jika kamu hanya bisa melihat dari satu perspektif cobalah untuk melihat sebuah warna diantara hitam dan putih.

Kemudian tanyakan pada dirimu, apakah kamu mengharapkan diri yang terus sempurna atau membiarkan dirimu menjadi manusia?

5.Ingatlah Semua Orang Pernah Salah

Terkadang kita sibuk membandingkan diri kita sendiri dengan orang lain. Tentunya kekurang kita dengan kelebihan mereka, menempatkan diri sebagai orang yang paling buruk dan dia adalah yang paling baik juga benar. Ingatlah, bahkan orang yang sukses pun pernah melakukan kesalahan.

6.Temukan Cara Untuk Memaafkan

Ketika kita berbuat salah kepada orang lain pasti akan meminta maaf bukan? Begitu juga jika dirimu bersalah, maafkanlah. Temukan cara untuk memaafkan. Jika kamu melukai dirimu sendiri melalui perilaku adiktif, penghindaran, hubungan yang tidak baik, atau bersikap tidak bijaksana, buatlah rencana untuk mengatasi saat berikutnya kamu berada dalam situasi yang sama sehingga kamu dapat mulai bertindak secara berbeda.

7.Self-Talk Untuk Menyemangati Diri Sendiri

Self talk ini sangat bermanfaat saat dirimu sedang digandrungi pikiran negatif. Mungkin kamu bisa bilang pada dirimu “Hey, menyalahkan diri sendiri tidak akan membantu sama sekali”, “kamu tahu kan setiap orang pasti berbuat salah, tenang saja”, “semua pasti berlalu, pikirkan solusi ambil pelajaran, ayo kamu bisa”.

Kamu juga bisa katakan pada diri sendiri untuk fokus pada aspek positif dari apa yang dilakukan dan memperbaiki yang negatif.

Ingatlah bahwa perubahan perilaku merupakan sebuah proses, kamu hanya perlu terus berusaha.

8.Jadilah Life Coach Untuk Dirimu Sendiri

Alih-alih menghukum diri sendiri dengan pikiran negatif, arahkan dirimu ke arah yang positif dengan lembut. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu memiliki pilihan lain, dan tidak ada kata terlambat untuk berubah. Kemudian pikirkan langkah konkrit yang dapat diambil segera untuk bergerak ke arah yang lebih positif atau bangkit dan coba lagi.

Tetap semangat untuk proses mencintai diri sendiri. Jangan lupa bahwa kamu hanyalah manusia biasa yang bisa berbuat salah, perbaiki yang negatif lanjutkan yang positif.


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...