Bukan Lagi Merah, Surabaya Jadi Zona Hitam COVID-19

Bukan Lagi Merah, Surabaya Jadi Zona Hitam COVID-19
Surabaya zona hitam COVID-19 (Foto: Tangkapan layar)

Riauaktual.com - Jumlah pasien positif COVID-19 di Surabaya hari ini bertambah 115 pasien. Kini, total pasien positif di Kota Pahlawan mencapai 2.748 orang. Bahkan, dalam peta persebaran Corona di Jatim, wilayah Surabaya tak terlihat sebagai zona merah lagi, namun warnanya sudah menghitam (zona hitam).

Sementara untuk pasien sembuh dan meninggal terbanyak tercatat ada di Surabaya. Dari data yang dihimpun, ada total 300 pasien COVID-19 yang sembuh dan 253 pasien asal Surabaya yang meninggal.

"Hari ini ada tambahan kasus baru cukup banyak. Kasus positif 194 yang baru. Kita lihat penambahan kasus terbanyak Surabaya (115 kasus)," kata Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim dr Joni Wahyuadi di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (2/6/2020).

"Kalau kita lihat, semua masih merah kabupaten. Ada yang merahnya merah cereng (pekat), ada yang merahnya merah menyala," imbuh Joni.

Joni mengatakan hampir seluruh kabupaten dan kota di Jatim telah menjadi zona merah penyebaran COVID-19. Namun, ada yang warna merahnya masih cerah karena kasusnya sedikit hingga ada yang berwarna merah pekat akibat kasusnya terlampau banyak.

"Kemudian ada yang tanya, itu (di peta) kok ada yang hitam. Itu bukan hitam tapi merah tua. Seperti Sidoarjo yang angka kasusnya 500 sekian merah sekali, kalau angkanya dua ribu sekian (seperti di Surabaya) merah tua," pungkas Khofifah.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menampik jika peta Surabaya berwarna hitam atau telah menjadi zona hitam. Khofifah mengatakan peta tersebut berwarna merah tua karena tercatat ada lebih dari 2.000 kasus.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index