ils/ int

Khawatir Nikah Mahal? Ini Tips Jitu Mengatur Anggaran Pernikahan

Sabtu,12 Januari 2019 - 09:18:44 WIB Di Baca : 371 Kali

Riauaktual.com - Pernikahan merupakan hal yang sakral yang dilakukan oleh sepasang kekasih yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Dalam pernikahan biasanya mengadakan pesta pernikahan mewah untuk berbagi kebahagiaan bersama keluarga besar dan kerabat.

Saat ini banyak jenis pernikahan baik yang mewah hingga yang sederhana. Tentunya setiap pengantin menginginkan resepsi pernikahan yang indah karena merupakan momen bersejarah dalam hidup. 
Jika Anda sedang merencanakan pernikahan dan memiliki dana terbatas maka jangan khawatir. Karena Anda masih bisa mewujudkan resepsi pernikahan yang Anda inginkan tentunya berbekal tips jitu untuk mengatur anggaran pernikahan Anda sebagai berikut.

Undangan online

Loading...

Zaman sudah modern dan teknologi saat ini sedang berkembang, Anda bisa memanfaatkan undangan online sebagai pengganti undangan kertas yang bisa menghabiskan dana Anda.

Dengan menggunakan online biaya yang dikeluarkan semakin sedikit. Anda bisa mengirimkannya ke teman Anda namun Anda juga tetap membutuhkan undangan fisik untuk kerabat atau saudara yang harus dihormati. Jika mencetak undangan mintalah softcopy untuk dijadikan undangan online. Jika Anda memilih undangan online maka Anda bisa memilih jasa desain undangan yang terjangkau.

Manfaatkan kemampuan teman dan saudara

Jika Anda memiliki teman atau saudara yang memiliki keterampilan seperti fotografi atau make up artist maka Anda bisa menggunakan jasa mereka untuk menghemat biaya.

Selain memperoleh harga yang lebih murah, Anda juga akan merasa lebih nyaman karena vendor pernikahan merupakan teman dekat Anda.

Meminimalisasi biaya seragam keluarga

Seragam keluarga dalam resepsi pernikahan akan membuat hasil foto lebih rapi dan indah karena memiliki warna yang senada. Namun dengan membeli bahan dan menjahit seragam keluarga merupakan suatu pemborosan.

Anda cukup meminta keluarga Anda mencari pakaian sendiri namun dengan tema yang seragam. Walau terlihat sedikit berbeda namun bisa menghemat biaya Anda dan terlihat bagus di foto.

Pilih tempat pernikahan yang terjangkau

Salah satu biaya yang membuat pernikahan adalah sewa gedung yang bisa mencapai dana puluhan hingga ratusan juta rupiah. Tentunya sangat menguras kantong Anda.

Salah satu cara agar tidak terjadi pemborosan uang adalah menyewa venue yang lebih murah seperti hutan pinus, sidepool, museum, kebun bunga dan sebagainya. Jika tak ingin menyewa maka Anda bisa menggunakan rumah Anda sebagai tempat pernikahan Anda apalagi jika rumah orang tua Anda memiliki rumah yang luas dan mudah diakses.

Dekorasi pelaminan minimalis

Saat ini dekorasi pernikahan semakin sederhana dan berbeda dengan dekorasi tradisional. Jika Anda memiliki keterbatasan dana Anda bisa mendekor sendiri dekorasi pelaminan Anda dan meminta bantuan saudara untuk membelikan apa saja yang dibutuhkan.

Jika ingin memakai jasa dekorasi saat ini banyak vendor yang menawarkan alternatif desain pelaminan yang terlihat mewah dan indah namun dengan harga yang terjangkau. Anda bisa menggunakan bunga palsu ketimbang bunga asli agar pengeluaran dapat ditekan.

Pilih menu makanan yang umum

Salah satu hal terbaik dalam resepsi pernikahan adalah saat jamuan makan. Tentu tamu undangan akan memerhatikan jamuan makan yang disediakan. Anda bisa menggunakan menu jamuan makan yang umum. Seperti sate, bakso, nasi goring, atau lainnya yang bisa dibuat sendiri.

Jika Anda dan keluarga sanggup atau bisa menyewa katering, pastikan untuk mencari referensi yang tepat. Karena beberapa vendor pernikahan juga tak segan memberikan diskon dan penawaran harga katering yang hemat atau menyesuaikan anggaran yang ada. Selamat mempersiapkan hari bahagia.

 

Sumber: muslimahdaily.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...