Pasca PSBB, Babinsa Koramil 03 Bunut KOdim 0313/KPR Laksanakan Patroli Karlahut

Selasa, 02 Juni 2020 - 12:54:33 WIB Di Baca : 341 Kali


Riauaktual.com - Pasca berakhirnya status PSBB berganti dengan new normal dalam masa Pandemi covid-19, Babinsa tidak hanya melaksanakan kegiatan antisipasi Penularan virus Corona, akan tetapi juga harus mengantisipasi bahaya Karlahut yang bisa saja berpeluang terjadi karena cuaca panas yang sangat menyengat.

Cuaca tentunya menjadi suatu acuan bagi Babinsa untuk mengantisipasi kemungkinan kemungkinan yang menjadi ancaman Karlahut terhadap wilayah desa binaannya bertugas.

Antisipasi agar terhindar dari ancaman bahaya karlahut tentulah Kopda Erig Savitro selaku Babinsa didesa sungai ara kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan sangat paham dengan kultur alam diwilayahnya sehingga patroli Karlahut harus rutin dilaksanakan demi menjaga wilayah dari ancaman Karlahut.

Kopda Erig Savitro bersama dengan babhinkamtibmas desa sungai ara terus bersinergi dan berjibaku dalam berpatroli dan bersosialisasi kepada Masyarakat yang lahannya dianggap rawan kebakaran dikerenakan kultur tanah rawa dan gambut sehingga antisipasi bisa diperketat demi menghindari terjadinya Karlahut diwilayah tersebut.

Meskipun masih dalam suasana lebaran, namun patroli Karlahut dengan semangat tetap terlaksana meninjau lokasi yang dianggap rawan Karlahut demi memastikan resiko kerawanannya serta mengecek embung air sebagai sumber pemadaman jika terjadi Karlahut serta mengukur kerawanan karlahut.

Dalam kegiatan patroli ini Babinsa juga bersosialisasi kepada warga yang sedang berada di kebun agar selalu waspada terhadap kebun dan lahan mereka agar terhindar dari karlahut dan jika ingin membersihkan lahan tidak dengan cara membakar.

"Tempat ini rawan terbakar karena rumput dan dahan kering cukup banyak sehingga sangat berbahaya jika tidak sering dipantau dan sangat beresiko tinggi mudah terbakar," ucap Kopda Erig

Kopda Erig juga menambahkan, walaupun berada di ladang tolong maskernya juga harus pakai karena Pandemi Covid-19 ini tidak mengenal status sosial dan tetap harus menjaga diri terhadap penularan virus Corona ini. 

"Kondisi cuaca memang menuntut Babinsa untuk selalu memahami tindakan frepentive sebagai upaya pendahuluan dalam mengantisipasi bencana agar tidak terjadi diwilayah binaanya," sebutnya.

Kiranya rutinitas dalam kegiatan patroli Karlahut ini bisa menekan resiko akan bahaya kebakaran hutan dan lahan sehingga dalam kondisi merebaknya Pandemi covid-19 tidak menambah kesulitan dan tidak mengganggu kesehatan masyarakat. (Rilis Art 03/Bnt )





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com