ketiak. ©2018 liputan6.com

Faktor Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak

Jumat,11 Januari 2019 - 13:45:28 WIB Di Baca : 185 Kali

Riauaktual.com - Ketika kita tengah asyik menggaruk ketiak yang gatal, kadang kala muncul rasa nyeri saat tak sengaja menemui benjolan di bagian tersebut. Hal tersebut membuat keinginan kita mencium tangan setelah menggaruk ketiak menjadi sirna dan malah berubah bete.

Lantas apa sih penyebab munculnya benjolan di tengah rimbunnya ketiak ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah faktor penyebab munculnya benjolan tersebut.

Rambut tumbuh ke dalam

Loading...

Pada ketiak, rambut ternyata tak hanya tumbuh ke luar saja namun juga ke dalam. Tumbuhnya rambut ke bagian dalam ini yang menjadi penyebab munculnya benjolan.

Penyebab tumbuhnya rambut ke bagian dalam ini umumnya disebabkan karena usai bercukur. Rambut yang tumbuh ke dalam ini kemudian terinfeksi bakteri dan menyebabkan pembengkakan.

Pemakaian deodoran

Pemakaian deodoran terutama ketika kulit alergi dapat menyebabkan bengkak. Selain itu, kandungan antiperspirant tertentu juga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan pembengkakan.

Hormon

Masalah hormon terutama pada pria dapat menjadi penyebab munculnya benjolan di ketiak ini. Pada beberapa pria, produksi hormon tiroid yang berlebihan bisa menyebabkan bengkak di ketiak.

Kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening dalam tubuh cenderung membengkak ketika memerangi infeksi virus, bakteri, maupun jamur. Hal ini dapat menyebabkan bengkak di ketiak dan bahkan di selangkangan yang bakal hilang sendiri dalam beberapa hari.

Infeksi

Masalah infeksi yang terjadi pada ketiak ini dapat menimbulkan benjolan pada usia tertentu. Pada sebagian besar remaja, infeksi bakteri tertentu akan membuat munculnya benjolan di ketiak.

Virus

Masuknya virus tertentu dapat menjadi alasan terjadinya hal ini. Infeksi virus terutama virus Herpes, cacar, atau HIV bisa membuat munculnya benjolan di ketiak.

Berbagai hal tersebut dapat menjadi alasan munculnya benjolan pada ketiak kamu. Jika memang penyebabnya tak berbahaya, benjolan ini dapat hilang dalam beberapa hari. Namun jika lebih dari 10 hari benjolan ini tak hilang, maka sebaiknya segera periksakan ketiakmu ke dokter. 


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...