Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat pimpinan upacara Hari Amal Bakti ke 73 Kemenag Senin (7/1/2018).

Bupati Bengkalis Jadi Pimpinan Upacara Hari Amal Bakti ke- 73 Kemenag

Senin,07 Januari 2019 - 13:32:24 WIB Di Baca : 351 Kali

Riauaktual.com - Bupati Bengkalis pimpin Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama (Kemenag), Senin (7/1/19) di Halaman Kantor Kemenag Bengkalis.

Dalam Sambutan Kementerian Agama Republik Indonesia yang dibacakan oleh Bupati Bengkalis, Amril Mukminin mengatakan tujuh puluh tiga tahun silam, pada 3 Januari 1946 Pemerintah membentuk Kementerian Agama sebagai bagian dari perangkat kehidupan bernegara dan berpemerintahan dalam negara kesatuan Republik Indonesia. 

Pembentukan Kementerian Agama merupakan keputusan yang bersejarah dan memberi pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa dan negara Republik Indonesia hingga kini.

Loading...

“Berdirinya kementerian agama adalah untuk menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat kian naik peringkat. agar tetap dan terus terjaga kerukunan hidup antarumat beragama yang kian rekat dan pada akhirnya kualitas kehidupan keagamaan segenap bangsa makin meningkat,” ungkap Amril.

Kemudian lanjut Mantan Kepala Desa Muara Basung ini lagi kendati negara kita secara formal tidak berdasar agama tertentu, tidak menetapkan suatu agama sebagai agama resmi negara, akan tetapi keterlibatan negara dan pemerintah menyangkut kehidupan keagamaan merupakan hal nyata dan niscaya, sesuai konstitusi negara. keberhasilan pembangunan kehidupan beragama sangat menentukan hari depan bangsa.

“Untuk itu, sejalan dengan tema hari amal bakti Kemenag  tahun ini, yaitu "Jaga Kebersamaan Umat", Kami mengajak seluruh jajaran Kemenag, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan,”ajak Amril.

Memasuki tahun 2019 ini tambah Amril, enam sasaran strategis program Kemenag telah digariskan, yakni: meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan, meningkatnya akses layanan pendidikan, meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan, dan peningkatan kualitas tatakelola pembangunan bidang agama.

“Maka dari itu, kami berharap enam sasaran tersebut harus tercermin dalam program kerja pusat dan daerah. disamping itu, pembinaan toleransi dan kerukunan antar-umat beragama, pengembangan moderasi beragama dan pembangunan akhlak bangsa perlu disuarakan lebih nyaring di ruang-ruang public,” kata Amril.

Setelah melaksanakan upacara Peringatan Hari Amal Bakti Ke-73 Kemenag, Kepala Kemenag Bengkalis menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada ASN Kemenag yang telah berbakti selama 10 bahkan 30 tahun lebih di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Selain itu, juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Kantor Kemenag Bengkalis dengan Bank Riau Syariah serta dilaksanakan peletakan batu pertama Mushalla Kemenag Kabupaten Bengkalis oleh Bupati Bengkalis, Amril Mukminin. (Inf/put)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...