Gubernur Riau: New Normal Tetap Kedepankan Protokol Kesehatan

Rabu, 27 Mei 2020 - 17:30:05 WIB Di Baca : 532 Kali


Riauaktual.com - Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi bersama forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau, telah melakukan rapat evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilaksanakan di enam Kabupaten dan Kota.

Namun, keputusan apakah PSBB dilanjutkan atau dihentikan masih tetap menunggu hasil evaluasi dari enam Kabupaten dan Kota serta keputusan pemerintah pusat.

''PSBB ini diperpanjang, kita masih menunggu hasil evaluasi Pemkab dan Kota besok,'' kata Gubernur Riau, Syamsuar, Rabu (27/5/2020) di gedung daerah.

Maka, jika hasil evaluasi PSBB tidak dilanjutkan, ssesuai arahan pemerintah pusat, Riau akan menerapkan program New Normal.

Menurut Gubri, indikator daerah yang diberlakukan new normal dilihat dari kurva kasus positif COVID-19 di suatu wilayah.

Gubri mengatakan, Riau merupakan termasuk salah satu daerah dengan pergerakan Grafik yang menurun kasus positif COVID-19.

Nantinya di Riau, new normal akan diberlakukan kepada 6 daerah yang melakukan PSBB dan ditambah 3 daerah lain yang dijadikan sebagai pilot project new normal.

Adapun daerahnya antara lain, Pekanbaru, Kampar, Pelalawan, Siak, Dumai dan Bengkalis. Daerah ini sebelumnya sudah memberlakukan PSBB. Sedangkan daerah yang akan dijadikan pilot project new normal yakni Kuansing, Rohul dan Rohil. Dengan demikian total ada 9 daerah di Riau yang akan diberlakukan new normal secara serentak nantinya.
 
''Jadi untuk pelaksanaanya juga masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. Hanya saja untuk saat ini kami mempersiapkan segala sesuatu sebelum kondisi normal baru ini benar-benar diberlakukan,'' jelasnya. (HA)





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com