Aturan Pakai Masker Wajah yang Tepat Supaya Terhindar dari Virus

Aturan Pakai Masker Wajah yang Tepat Supaya Terhindar dari Virus
Foto ilustrasi pemakaian masker. (shutterstock)

Riauaktual.com - Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan sejak virus corona berkembang menjadi pandemi global: haruskah saya mengenakan masker wajah. Pemerintah menyaranakn untuk memakai penutup wajah ketika berada di tempat-tempat publik. Namun, beberapa orang masih tidak yakin tentang apa cara yang benar untuk mengenakan masker selama pandemi ini.

Sementara manfaat masker terhadap penyebaran COVID-19 masih bisa diperdebatkan, mengenakan masker yang salah berisiko. Satu hal yang tampaknya disetujui oleh para ahli adalah Anda tidak perlu memakai masker bedah agar aman. Bahkan, masker N95 harus diprioritaskan untuk staf medis dan perawat. Masker dan penutup wajah dari kain dapat dibuat menggunakan perlengkapan rumah tangga biasa dan jika Anda tertarik membuatnya sendiri.

Apa pun jenis masker wajah yang Anda miliki, penting untuk memastikan Anda menggunakannya dengan cara yang benar. Tetap seaman mungkin dengan menghindari kesalahan umum dengan daftar periksa langkah demi langkah yang mudah berikut ini seperti dilansir dari laman Bustle.

5 aturan menggunakan masker yang tepat
1. Jangan menyentuh topeng Anda saat mengenakannya


Hindari menyentuh bagian depan masker Anda dan bagian yang bersentuhan dengan hidung dan mulut Anda sebanyak mungkin. Saat memakai atau melepas masker, Anda harus menggunakan pengait atau pengikat telinga dan, setelah dipasang, jangan sesuaikan itu. Setelah Anda melepas masker, jangan menyentuh wajah Anda sama sekali sampai Anda mencuci tangan dengan bersih.

2. Pastikan itu menutupi mulut dan hidung Anda

Masker Anda harus menutupi mulut dan hidung Anda sambil memungkinkan Anda bernapas dengan nyaman. Dalam kebanyakan kasus, ini berarti akan turun di bawah dagu dan duduk di atas jembatan hidung Anda. Pastikan topengnya aman sehingga tidak akan terlepas saat Anda keluar.

3. Pertahankan jarak minimum

Mengencangkan masker Anda untuk meminimalkan celah akan memastikan perlindungan terbaik dan menghindarinya agar tidak tergelincir saat Anda bepergian.

4. Gunakan tangan yang bersih

Cuci tangan Anda atau gunakan pembersih tangan pada setiap tahap penggunaan masker Anda: sebelum memakainya, sebelum melepasnya, dan setelah melepasnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jangan menyentuh atau menyesuaikan topeng Anda setelah itu di tempat.

5. Cuci masker Anda secara teratur

Anda harus mencuci penutup wajah secara teratur.

Menurut Dr Yves Van Laethem, seorang ahli penyakit menular yang berbicara kepada Brussels Times, masker wajah harus dicuci dengan mesin pada 60 derajat Celcius dengan deterjen konvensional - Anda tidak memerlukan desinfektan khusus apa pun." Jika Anda tidak memiliki mesin cuci, Van Laethem menyarankan menempatkan masker wajah dalam panci dengan air mendidih atau menyetrika pada suhu di atas di mana virus dapat bertahan hidup."

Anda harus menyimpan penutup wajah bekas dalam kantong plastik sampai Anda memiliki kesempatan untuk mencucinya.

 

Sumber: tempo.co

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index