Ilustrasi (int) lampu jalan mati

Tunggakan Listrik Pemko Pekanbaru Rp 86 Miliar

Kamis,03 Januari 2019 - 17:49:10 WIB Di Baca : 359 Kali

Riauaktual.com - PT PLN (Peesero) melakukan pemadaman PJU (penerangan jalan umum) di Kota Pekanbaru, Riau. Pemadaman lampu jalan ini dilakukan karena Pemkot Pekanbaru tak kunjung melakukan pembayaran tunggakkan tagihan listrik.

Humas PLN Pekanbaru I Komang Sudarsana mengatakan pemutusan PJU karena Pemko hutang hingga Rp 86, 9 miliar. Pihak PLN mengatakan pihaknya sudah beberapa kali melakukan penagihan tapi belum ada jalan keluar untuk pembayaran tunggakkan.

"Kita sudah beberapa kali melakukan mediasi. Tunggakkan Pemko Pekanbaru Rp86,9 miliar itu hitungan sepanjang tahun 2018," ucap I Komang Kamis kepada harian rakyatriau (riauaktual.com) Group.

Loading...

Dia merincikan, tagihan utang Pemko Pekanbaru dari Januari hingga Mei tahun 2018 Rp37 miliar. 

Sehingga pada pertengahan tahun lalu, PLN melakukan pemadaman PJU. Setelah itu pihak Pemkot Pekanbaru berjanji melakukan pembayaran melalui sistem cicil. Pertengahan tahun Pemkot Pekanbaru baru bisa membayar Rp25 miliar, tersisa Rp12 miliar.

Namun setelah itu, pihak Pemko Pekanbaru tidak pernah membayar tagihan listrik hingga Desember 2018. Dimana dari Juni hingga Desember 2018, tunggakan listrik PJU adalah Rp74 miliar. Sehingga total tunggakan totalnya adalah Rp86 miliar lebih.

Adanya selisih total tagihan antara Pemkot Pekanbaru dan PLN juga menjadi lambannya pembayaran. Komang menegaskan, bahwa permasalahan selisih tagihan listrik sudah dilakukan mediasi dengan melakukan audit yang didampingi pihak kejaksaan.

"Kita berharap agar permasalahan ini cepat selesai. Pemadaman PJU dilakukan sesuai dengan prosedur," kata pria yang akrab disapa Bli.

Kepada Pemko Pekanbaru, pihak PLN menghimbang agar melakukan perganiahan lampu PJU yang lebih hemat. "Kita sarankan agar menggunakan lampu LED agar lebih hemat,"pintanya.

Sementara itu akibat pemadaman PJU, jalan jalan di Pekanbaru gelap gulita saat malam dalam beberapa hari ini. Warga meminta permasalah Pemkot Pekanbaru dengan PLN jangan warga yang menjadi korban.

"Kita kan selalu bayar pajak dalam pembayaran listrik. Jadi kemana uangnya. Kalau jalan gelap terus, tentu rawan kejahatan," keluh Neni Andri warga Panam. (Nda)
 


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...