Terianus Satto

Ternyata Ini Salah Satu Pentolan KKB Papua, Masih 25 Tahun Jadi Intel

Sabtu,15 Desember 2018 - 20:10:39 WIB Di Baca : 716 Kali

Riauaktual.com - Namanya Terianus Satto. Dia salah satu tokoh penting di Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) atau yang lebih dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Di TPNPB, dia berpangkat Mayor Jenderal. Terianus lahir 9 Januari 1962 ini, adalah seorang tokoh di lingkungan KKB, yang menjabat sebagai Kepala Staf Umum TPNPB.

Sejak tahun 1980-an, ia terlibat dalam serangkaian kontak senjata dengan TNI bersama Bernard Mawen selama 4 tahun 6 bulan. Dikutip dari Wikipedia, bersama Matias Wenda, mereka bertugas sebagai intelijen selama 25 tahun hingga berakhir tahun 2000.

Loading...

Pada kurun waktu 2000 hingga 2010, ia bergabung bersama Richard Yoweni. Ia kemudian diangkat menjadi Komandan Batalyon Moi di bawah pimpinan Yoweni, dan untuk waktu yang singkat ia kembali diangkat menjadi Wakil Panglima Tabi.

Menurutnya, perjuangan Papua Barat untuk merdeka harus terjadi. Upaya itu pernah dilakukan, tetapi gagal. Pada 2012, Konferensi Tingkat Tinggi TPNPB diselenggarakan di Biak, dan ia terpilih menjadi salah satu pimpinan TPNPB.

Terianus Satto diangkat menjadi Kepala Staf Umum (KASUM) melalui reformasi di dalam struktur internal TPNPB, dalam Konferensi Tingkat Tinggi TPN-OPM yang dilaksanakan di Biak pada 1 Mei hingga 5 Mei 2012.

Pada acara yang sama, Goliath Tabuni dipilih menjadi Panglima Tinggi TPNPB berpangkat Jenderal dan Gabriel Melkisedek Awom sebagai Wakil Panglima Tinggi berpangkat Letnan Jenderal.

Setelah Rapat Kerja Nasional TPNPB digelar di Markas Wanum Tabi, pelantikan mereka dilaksanakan di Puncak Jaya, Markas Tingginambut.

 


Sumber : rakyatku.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...