Nyeleneh! Trump: Bagaimana Kalau Pasien Covid-19 Disuntik Disinfektan?

Nyeleneh! Trump: Bagaimana Kalau Pasien Covid-19 Disuntik Disinfektan?
Presiden AS, Donald Trump

Riauaktual.com - Gedung Putih mengajukan penelitian baru tentang manfaat sinar matahari dan kelembapan dalam mengurangi ancaman virus corona.

Presiden AS, Donald Trump mendorong negara-negara untuk bergerak untuk membuka kembali perekonomian mereka.

Studi sebelumnya belum menemukan bukti yang baik bahwa suhu yang lebih hangat dan kelembapan yang lebih tinggi pada musim semi dan musim panas akan membantu mengurangi penyebaran virus.

Namun William Bryan dari Departemen Keamanan Dalam Negeri mengatakan pada sebuah pengarahan di Gedung Putih Kamis bahwa ada "hasil yang muncul" dari penelitian baru. Menunjukkan bahwa cahaya matahari memiliki efek yang kuat dalam membunuh virus di permukaan dan di udara. 

Dia mengatakan, para ilmuwan telah melihat efek serupa dari suhu dan kelembapan yang lebih tinggi. Laboratorium biocontainment di Maryland telah melakukan pengujian terhadap virus tersebut sejak Februari, kata Bryan.

"Virus ini sekarat pada kecepatan yang jauh lebih cepat hanya dari paparan suhu yang lebih tinggi dan hanya dari paparan kelembapan," kata Bryan.

Bryan mengatakan, pengetahuan tentang ini dapat membantu para gubernur ketika membuat keputusan tentang bagaimana dan kapan membuka ekonomi negara mereka.

Namun, ia menekankan bahwa hasil yang muncul dari studi cahaya dan panas tidak menggantikan rekomendasi jarak sosial.

Presiden AS Donald Trump ditanya apakah berbahaya untuk membuat orang berpikir bahwa mereka akan aman dengan pergi ke luar dalam cuaca panas, mengingat begitu banyak orang telah meninggal di Florida.

"Saya harap orang-orang menikmati matahari. Dan jika itu memiliki dampak, itu hebat," jawab Trump.

"Itu hanya saran dari laboratorium yang brilian oleh seorang pria yang sangat, sangat pintar, mungkin brilian," lanjutnya.

"Saya di sini untuk mempresentasikan ide, karena kami ingin ide untuk menyingkirkan hal ini. Dan jika panas baik, dan jika sinar matahari baik, itu adalah hal yang hebat sejauh yang saya ketahui," kata presiden.

Trump mencatat bahwa para peneliti juga melihat efek disinfektan pada virus dan bertanya-tanya apakah mereka dapat disuntikkan ke orang-orang.

Presiden sering membicarakan prospek terapi baru dan menawarkan garis waktu yang cerah untuk pengembangan vaksin.

Awal bulan ini, para penasihat ilmiah mengatakan kepada Gedung Putih belum ada bukti yang baik bahwa panas dan kelembapan musim panas akan mengendalikan virus tanpa melanjutkan langkah-langkah kesehatan masyarakat.

Para peneliti yang diadakan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan, Teknik dan Kedokteran Nasional menganalisis studi yang dilakukan sejauh ini untuk menguji ketahanan virus di bawah kondisi laboratorium yang berbeda serta melacak di mana dan bagaimana Covid-19 telah menyebar sejauh ini.

"Mengingat bahwa negara-negara yang saat ini berada dalam iklim 'musim panas', seperti Australia dan Iran, mengalami penyebaran virus yang cepat, penurunan kasus dengan peningkatan kelembaban dan suhu di tempat lain tidak boleh diasumsikan," tulis para peneliti sebelumnya pada bulan April sebagai tanggapan untuk pertanyaan dari Kantor Putih Sains dan Teknologi.

Selain itu, laporan itu mengutip kurangnya kekebalan global terhadap virus baru dan menyimpulkan, jika ada efek suhu dan kelembapan pada transmisi, itu mungkin tidak sejelas virus pernapasan lainnya yang setidaknya ada beberapa virus.

Mereka mencatat bahwa selama 10 pandemi flu sebelumnya, terlepas dari musim apa yang mereka mulai, semua memiliki gelombang kedua puncak sekitar enam bulan setelah virus pertama kali muncul.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index