Suzuki Hayabusa.. Foto: Viva.co.id

Selamat Tinggal Motor Paling Fenomenal di Dunia

Sabtu,08 Desember 2018 - 20:54:43 WIB Di Baca : 184 Kali

Riauaktual.com - Sejak pertama diluncurkan pada 1998, motor gede andalan Suzuki, GSX1300R, berhasil menarik minat banyak pengendara motor. Hal ini dikarenakan, motor yang memiliki julukan Hayabusa itu berhasil memecahkan rekor sebagai motor produksi umum dengan kecepatan paling tinggi.

Hayabusa edisi awal dilengkapi dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.300cc, yang mampu menghasilkan tenaga lebih dari 152 daya kuda. Dengan tenaga ini, motor mampu dipacu hingga kecepatan maksimum lebih dari 300 kilometer per jam.

Namun oleh badan keamanan transportasi Eropa, kemampuan ini dianggap terlalu berbahaya untuk sebuah sepeda motor, sehingga Suzuki memproduksi Hayabusa generasi kedua dengan kemampuan yang sedikit lebih rendah, dan kecepatannya dibatasi hingga 300 kpj saja.

Loading...

Dilansir dari Indianautosblog, Sabtu 8 Desember 2018, motor paling fenomenal di dunia itu sayangnya harus dihentikan produksinya. Untuk bisa menghasilkan tenaga besar, beberapa aturan mengenai emisi gas buang harus dilupakan. Alhasil, motor tersebut tidak memenuhi standar emisi terbaru yang diterapkan di Eropa.

Suzuki Hayabusa 2018.

Meski demikian, Suzuki tetap diperbolehkan memproduksi dan menjual motor tersebut hingga akhir Desember 2018. Mulai Januari 2019, Hayabusa tidak lagi diperbolehkan dipasarkan di daratan Eropa.

Namun, mereka yang tinggal di Amerika Serikat lebih beruntung. Karena, aturan yang berlaku di negara tersebut memperbolehkan Hayabusa dijual hingga akhir 2019. Tapi, Suzuki tetap tidak diizinkan untuk memproduksinya lagi. (Wan)

 

Sumber: Viva.co.id


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...