Salah seorang korban yang selamat dari pembantaian KKB Papua didata oleh petugas polisi. Foto/Cornelia Mudumi

Kisah Korban OPM Selamat, Tempuh Berjalan Kaki Selama 3 Hari

Jumat,07 Desember 2018 - 11:18:05 WIB Di Baca : 7523 Kali

Riuaktual.com - Empat korban OPM yang selamat dievakuasi dari Distrik Mbua Kabupaten Nduga ke Wamena Kabupaten Jayawijaya, Papua, Kamis (6/12/2018) pukul 16.00 Wit melalui jalur darat. Korban merupakan pekerja bangunan yaitu 3 orang tukang perumahan desa di Distrik Nirkuri dan 1 tukang bangunan perumahan dokter di Distrik Yigi Kabupaten Nduga Papua.

 

Keempat korban ini berhasil kabur dari pembantaian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua atau dikenal dengan OPM. Mereka menyelamatkan diri dengan berjalan kaki selama tiga hari di tengah hutan.

Loading...

Di tengah perjalanan, para pekerja bangunan ini bertemu petugas polisi dan akhirnya dievakuasi melalui darat dengan kawalan anggota Polri ke Wamena. Evakuasi ini dipimpin langsung Karo Ops Polda Papua Kombes Pol Gatot Haribowo didampingi Kabag Ops Polres Jayawijaya AKP RL Tahapary bersama anggota Brimob dan Polres Jayawijaya.

Keempatnya yaitu, Paulus Rizal Malaga (30), pekerja perumahan Desa di Distrik Nirkuri; Martinus (25), pekerja tukang perumahan dokter di Distrik Yigi; Petrus Masamba (26) pekerja tukang perumahan Desa di Distrik Nirkuri; Stevanus Hubi (14) pekerjaan perumahan Desa di Distrik Nirkuri.

Dari keterangan korban yang selamat mengungkapkan, mereka berhasil menyelamatkan diri dari Distrik Nirkuri dengan berjalan kaki selama 3 hari untuk sampai di Distrik Mbua. Selama perjalanan itu mereka bermalam di rumah warga yang berada di Distrik tersebut.

Selanjutnya mereka bertemu dengan anggota gabungan TNI/Polri pada Rabu tanggal 5 Desember 2018. Empat orang korban selamat ini dievakuasi melalui jalan darat ke Wamena dengan pengawalan dari anggota Polri dan tiba di Wamena pukul 24.00 Wit. Sementara ke 4 orang tersebut masih dilakukan pendataan oleh Sat Reskrim Polres Jayawijaya.

 

Sumber : sindonews.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...