foto : internet

Pemko Pekanbaru Kembali Terima 10 Bus TMP Hibah Kementerian Perhubungan

Kamis,06 Desember 2018 - 18:59:35 WIB Di Baca : 262 Kali

Riauaktual.com - Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Kendi Harahap mengatakan bahwa tahun ini Pemerintah kota Pekanbaru kembali mendapatkan tambahan hibah Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) dari Kementerian Perhubungan.   

"Bus tambahan bantuan hibah dari Kementerian Perhubungan ini akan diperuntukan untuk koridor 4. Setelah surat menyurat selesai, maka bus ini siap beroperasi. Pertengahan Februari tahun depan Insyaallah sudah bisa beroperasi," ujar  Kendi, Kamis (6/12).

Kendi menambahkan, adapun jurusan yang akan dilayani bus baru ini adalah Ramayana ke Tenayan Raya dan dari Ramayana ke Terminal AKAP. Bus ini diperuntukkan untuk menggantikan bus TMP ukuran besar, yang dinilai sulit bermanuver di tengah kota.

Loading...

"Nanti bus yang besar itu kita pindahkan ke tempat yang jalannya lebih besar, seperti ke garuda sakti ada permintaan. Mungkin juga arah ke Kubang," jelasnya.

Menurut Kendi, dengan adanya penambahan 10 unit bus ini.  Maka total bus TMP yang dikelola Dishub Pekanbaru berjumlah 105 unit. Jumlah itu termasuk beberapa unit yang rusak. Namun,  yang akan beroperasi tahun 2019 itu sebanyak 85 unit.

"Yang jalan saat ini 75, yang standbye ada 20. Tapi ada rusak 8 unit, artinya ada 12 yang standbye. Ditambah yang baru ini artinya ada 85 nanti yang beroperasi (tahun depan)," jelasnya.

Ketika ditanya berapa unit yang akan beroperasi untuk ke Tenayan Raya atau perkantoran Walikota yang baru? Kendi mengaku belum bisa memastikan. Karena, jumlah unit yang beroperasi ke koridor 4 itu tergantung kebutuhan.

"Kita lihat dulu kebutuhannya. Kita bagi-bagi nanti yang 10 unit ini. Saat ini ada 13 koridor yang beroperasi. Untuk highway atau waktu tunggu kita 30 menit. Kita sesuaikan nanti dengan bus yang beroperasi," kata dia.

Informasi dari Kendi, harga satu unit bus ini berkisar Rp700 juta. Artinya, untuk 10 unit bus ini, Kementerian Perhubungan menggelontorkan dana sekita Rp7 miliar.

"Satu unit sekitar Rp700 juta, lebih kurang Rp7 miliar untuk 10 unit ini," tutupnya.

Dari pemantau dilapangan, 10 bus hibah tambahan dengan cat biru ini sudah terparkir di Kantor Walikota Pekanbaru, Jalan Sudirman. (Saf)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...