Mitos dan Fakta Seputar Kentang Bagi Kesehatan

Kamis,06 Desember 2018 - 18:51:59 WIB Di Baca : 195 Kali

Riauaktual.com - Siapa di antara Anda yang tak suka kentang goreng? camilan yang satu ini disukai berbagai kalangan dan mudah ditemukan sebagai menu sajian di berbagai negara.

Selain enak, kentang diketahui memiliki kandungan vitamin A, B kompleks dan zat besi seperti fosfor, kalium, serta magnesium. Meski bergizi tinggi, ternyata proses pengolahan kentang sangatlah penting untuk menentukan kualitas gizi si kentang.

Spesialis gizi klinis dr Ida Gunawan M.S,SpGK(K) mengatakan bahwa kentang kaya karbohidrat, namun minim protein. Karenanya penting untuk menambahkan sumber nutrisi lain.

Loading...

"Sama seperti nasi, kentang itu kaya karbohidrat. Sebetulnya dalam satu porsi perkedel daging itu baik, karena ada tambahan protein dari daging juga ada kandungan sayurannya seperti daun bawang dan seledri," ujarnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Kamis 6 Desember 2018.

Lebih lanjut ia meluruskan mitos dan fakta seputar konsumsi kentang bagi kesehatan. Berikut ini yang dirangkum VIVA.

1. Kentang lebih sehat dibanding nasi?

"Mitos. Keduanya sama-sama sumber karbohidrat, jadi bayangkan jika kita konsumsi nasi dengan kentang secara bersamaan, jadi doubel karbo. Padahal keduanya miliki benefit yang sama," ujarnya.

2. Penyandang diabetes lebih baik konsumsi kentang karena bisa stabilkan gula darah?

"Mitos. Bicara sumber karbohidrat penyandang diabetes itu tergantung indeks glikemiknya. Indeks glikemik adalah seberapa cepat makanan yang dikonsumsi menaikkan kadar gula darah. Kentang tanpa kulit memiliki kadar Indeks glikemik tinggi, berbeda dengan kentang yang dikonsumsi dengan kulit."

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kulit kentang kupas memiliki indeks glikemiknya lebih tinggi dibanding kentang yang masih berkulit. Di lain sisi, kulit kentang memiliki kadar vitamin dan serat yang tinggi.

3. Kentang sebabkan obesitas?

"Fakta. Terlebih jika terlalu banyak dikonsumsi dengan metode masak digoreng, ada kandungan garam dan lemak tentu akan picu obesitas."

4 Menjaga kesehatan saraf dan fungsi otak?

"Mitos. Kentang sumber karbohidrat bahkan hingga 70 persen. Tapi kentang kaya kalium dan potasium yang baik bagi jantung. Itu juga banyak vitamin C di kentang mentah. Begitu diolah berlebihan, vitaminnya akan mudah hilang."

5. Kentang baik bagi kesehatan tulang?

"Mitos. Orang sering tertukar antara kalium dan kalsium. Kedua hal ini berbeda. Orang sering tertukar. Kalau kentang itu kaya kalium atau kandungan elekrolit yang baik bagi aliran tubuh pembuluh darah dan jantung." (Wan)

 

Sumber: Viva.co.id


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...