Sesalkan Penghentian Dana, WHO: AS Telah Lama Jadi Sahabat WHO yang Dermawan

Sesalkan Penghentian Dana, WHO: AS Telah Lama Jadi Sahabat WHO yang Dermawan
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: REUTERS/Denis Balibouse)

Riauaktual.com -  Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyesalkan keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menghentikan pendanaan untuk badan kesehatan PBB tersebut.

Tedros pun menyerukan persatuan global untuk memerangi pandemi virus corona.

"Amerika Serikat telah lama menjadi sahabat WHO yang dermawan dan kami harap itu akan terus berlanjut," ujar Tedros dalam konferensi pers, Rabu (15/4) waktu setempat.

"Kami menyesalkan keputusan presiden Amerika serikat yang memerintahkan penghentian pendanaan untuk WHO," imbuh Direktur Jenderal WHO itu seperti dilansir kantor berita Reuters, Kamis (16/4/2020).

Tedros mengatakan, badan tersebut akan dinilai kinerjanya dalam krisis ini seperti yang biasa dilakukan tiap kali sebuah krisis terjadi.

"Pada waktunya, kinerja WHO dalam menangani pandemi ini akan ditinjau oleh negara-negara anggota WHO dan badan-badan independen yang ada untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas," tuturnya.

Tedros menambahkan bahwa selain memerangi COVID-19, WHO juga membantu banyak orang miskin dan lemah di dunia yang berjuang melawan penyakit dan kondisi lainnya. Tedros menyebut bahwa program-program WHO mencakup penanganan polio, malaria, dan kesehatan mental.

Diketahui bahwa AS merupakan donor terbesar bagi WHO, menyediakan lebih dari US$ 400 juta pada tahun 2019.

"WHO sedang meninjau dampak pada pekerjaan kami dari penarikan dana A.S. dan kami akan bekerja dengan mitra untuk mengisi setiap kesenjangan keuangan yang kami hadapi dan untuk memastikan pekerjaan kami terus berlanjut tanpa gangguan," tandasnya.

"Namun sekarang waktunya bagi dunia untuk bersatu dalam perjuangan bersama melawan wabah musuh berbahaya ini," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index