Jokowi Mesti Siapkan Hal Terburuk Negara

Jokowi Mesti Siapkan Hal Terburuk Negara
Presiden Jokowi. Foto net

Riauaktual.com - Pandemik Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia akan berdampak pada berbagai sektor, baik kesehatan, ekonomi, sosial bahkan keamanan.

Tercatat saat sudah ada 4.241 pasien terjangkit dan 373 orang meninggal dunia akibat virus asal Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China ini.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Development Review (IDR), Muhammad Rifai Darus, Minggu Malam (12/4).

Menurut MRD -sapaan akrabnya- pemerintahan Joko Widodo harus benar-benar memperhatikan analisa para pengamat, tokoh yang memiliki kapasitas di bidang kesehatan dan berbagai bidang yang berhubungan dengan pandemik Covid-19.

Tujuannya, mengantisipasi terjadinya hal buruk yang diakibatkan dari pandemik Covid-19 yang sudha berlangusng sebulan lebih.

“Pendapat tokoh yang ahli harus dapat perhatian dari pemerintah, karena mereka memeliki kapasitas dan keahlian baik kesehatan, ekonomi, sosial dan keamanan. Jadi kita bersiap- siap untuk menyiapkan dari hal yang terburuk di negara kita,” kata MRD, Minggu malam, (12/4), sebagaimana dikutip dari pojoksatu.id.

MRD mengapresiasi semangat yang dikeluarkan oleh Presiden Jokowi dalam menanggulangi wabah yang telah mengakibatkan ratusan orang meregang nyawa ini.

Meski demikian, putra Papua ini meminta pemerintah memebuat petunjuk teknis terkait dengan pelaksanaan seluruh program yang diterbitkan oleh Kabinet Indonesia Maju.

“Harus segera dibarengi petunjuk pelaksanaan teknis di bawahnya, misalnya Rp 405 triliun itu penggunaannya bagaimana, pengawasannya oleh siapa, KPK harus dilibatkan untuk memantau dana besar ini, dalam situasi ini semua bisa saja terjadi,” pungkas MRD.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index