Untuk Memantau Pergerakan ODP, Pemkab Siak Ciptakan Aplikasi Berbasis GPS

Selasa, 07 April 2020 - 18:17:33 WIB Di Baca : 485 Kali

Riauaktual.com - Peningkatan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini di Kabupaten Siak meningkat tajam, dalam kurun beberapa hari, jumlah ODP sebanyak 1439 orang. 

Hal tersebut dikarenakan, adanya pelonjakan warga masyarakat kota istana tersebut berpulang dari kota-kota berzona merah terpapar COVID 19.

Menyikapinya, Bupati Siak Alfedri mengatakan saat ini mempersiapkan pembuatan aplikasi Pemantauan ODP berbasis GPS.

Loading...

"Aplikasi tersebut saat ini tengah digesa pembuatannya oleh Dinas Kominfo. Kita manfaatkan di masa Tanggap Darurat Bencana Non Alam Covid 19 ini," kata Alfedri saat memimpin Rapat Koordinasi Penyajian Data Validasi Covid-19 Ruang Rapat Zamrud, Komplek Abdi Praja, Senin kemarin.

Aplikasi itu menurut Alfedri, dengan radius 15 meter bisa melacak secara otomatis ODP yang keluar dari rumah.

"Selanjutnya, kami segera menginformasikan kepada RT di wilayah tersebut," ungkapnya.

Selain itu, untuk memutuskan rantai Covid-19 di Siak, Alfedri bersama jajarannya dengan sigap mengambil langkah dan berbagai kebijakan, khususnya melalui edukasi Physical dan Social Distancing.

"Kita mengajak warga masyarakat tidak boleh bersentuhan, menjaga jarak, tidak keluar rumah jika tidak berkepentingan. Selain itu, selalu mencuci tangan, dan saat ini, sudah adanya himbauan secara Nasional untuk memakai masker pada saat harus bepergian keluar rumah," pungkasnya. (ADV/Baim)




Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com