Terus Bertambah, Kasus Positif Corona di Indonesia Menjadi 2.092

Terus Bertambah, Kasus Positif Corona di Indonesia Menjadi 2.092
Achmad Yurianto. ( Foto: Antara )

Riauaktual.com - Kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia bertambah. Juru bicara pemerintah dalam penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebutkan data dari 3 April 2020 sampai 4 April 2020 pukul 12.00 WIB, didapat penambahan kasus positif sebanyak 106 orang. Dengan ini maka total kasus positif corona di Indonesia menjadi 2.092.

Selain itu juga ada penambahan 16 pasien sembuh sehingga total pasien sembuh sampai saat ini ada 150 orang. Untuk jumlah kematian orang dengan positif corona bertambah 10 sehingga total sudah 191 pasien meninggal.

Dalam konferensi pers tersebut, Achmad Yurianto, menyayangkan masih terjadinya penularan akibat perjalanan yang dilakukan. Dia pun menyatakan jawaban terbaik untuk mencegahnya adalah tetap berada di rumah.

"Jangan melakukan perjalanan. Tidak hanya kembali ke kampung halaman tetapi juga perjalanan ke kota-kota sekitar karena ini bisa menyebabkan terjadinya penularan. Maka cara terbaik untuk mencegahnya adalah tetap berada di rumah," papar Achmad Yurianto.   

Achmad Yurianto kembali menekankan pentingnya disiplin untuk menjaga jarak dan menjaga kebersihan guna memutus rantai penularan.

"Kita minta masyarakat konsisten menjaga jarak dalam berkomunikasi agar tidak terjadi penularan dari orang yang positif Covid-19 dan ini menjadi penting agar terbiasa. Ini demi menghindari droplet yang menjadi sumber penularan. Hindari kegiatan-kegiatan yang penuh sesak, berkumpul, dan kerumunan," ujar Achmad Yurianto di Graha BNPB Jakarta, Sabtu (4/4/2020).

Dikatakannya, banyak sekali penularan tidak langsung lewat perantara tangan. Untuk itu dia mengimbau untuk membiasakan mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir setidak-tidaknya 20 detik, karena penularan tidak langsung melalui tangan kerap terjadi.

"Imbauan pemerintah sudah jelas. Lebih aman berada di rumah. Tetaplah berada di rumah, bekerja dari rumah, belajar, dan beribadah dari rumah. Mari kita lindungi orang tua, jangan biarkan menular ke mereka karena dampaknya lebih berat dibanding orang muda dan imunitasnya bagus."


 

Sumber: BeritaSatu.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index