Kata Ahli: Virus Corona Dapat Menyebar Lewat Napas dan Bicara, Dalam Ruangan Lebih Rentan

Kata Ahli: Virus Corona Dapat Menyebar Lewat Napas dan Bicara, Dalam Ruangan Lebih Rentan
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Ayo jaga jarak. Minimal 1,5 meter. Sekelompok ahli medis menemukan fakta baru. Virus corona bisa menular lewat napas dan bicara. Tidak harus batuk dan bersin.

Para ahli itu berasal dari Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional (NAS). Di dalamnya bergabung mantan dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Harvard, Dr Harvey Fineberg.

Dikutip dari CNN, dia mengatakan, masker bedah harus disediakan untuk pekerja perawatan kesehatan. Dia sendiri akan mengenakan bandana atau penutup wajah. 

Dr Anthony Fauci, anggota gugus tugas virus corona Gedung Putih dan pakar penyakit menular terkemuka mengatakan, orang Amerika harus menutupi wajah mereka di depan umum. Terutama saat berdiskusi yang sangat aktif.  

Penelitian masih dicampuradukkan pada apakah masker bedah bekerja serta respirator N95 dan apakah penutup wajah kain bisa mencegah infeksi. Tetapi Dr Fauci mencatat bahwa mereka mungkin melindungi, dan tentu saja tidak akan membahayakan. 

Seperti kebanyakan penyakit pernapasan, virus corona menyebar dalam butiran kecil air yang membawa partikel virus. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperingatkan yang dikeluarkan ketika orang sakit batuk atau bersin. 

Berbicara dapat mengirim tetesan ke udara juga, kata Dr Fineberg. Bahkan menghirup orang dengan virus corona bisa berbahaya.  

"Walaupun penelitian spesifik (virus corona) saat ini terbatas, hasil penelitian yang tersedia konsisten dengan aerosolisasi virus dari pernapasan normal," kata Dr Fineberg. 

Surat NAS ke Gedung Putih mencatat penelitian yang dilakukan di sebuah rumah sakit China. Mereka menemukan virus dapat dikirim ke udara.

Berlama-lama di sana ketika petugas kesehatan mengambil peralatan pelindung mereka. Mungkin sebagai hasil dari pembersihan yang mendorong partikel bebas atau bahkan pergerakan.

Orang Amerika sekarang disarankan untuk tetap terpisah lebih dari enam kaki satu sama lain. Untuk memperlambat penyebaran virus corona. Tetapi penelitian dari Universitas Nebraska dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT) menemukan bahwa virus tersebut dapat melakukan perjalanan lebih jauh. 

"Jika Anda menghasilkan aerosol virus tanpa sirkulasi di dalam ruangan, dapat dibayangkan bahwa jika Anda menjalaninya nanti, Anda bisa menghirup virus," kata Dr Fineberg.

"Tapi jika kamu di luar, angin sepoi-sepoi mungkin akan membubarkannya," lanjut dia.

Dr Fineberg mengatakan dia sendiri akan mulai mengenakan penutup wajah di depan umum sebagai tindakan pencegahan terhadap penularan virus. Terutama di ruang yang relatif tertutup seperti toko kelontong. 

"Saya tidak akan memakai masker bedah, karena dokter membutuhkannya," kata Dr Fineberg. 

"Tapi aku punya bandana gaya barat yang bagus yang mungkin aku kenakan. Atau saya punya balaclava. Saya punya beberapa opsi yang cukup bagus," tambah dia.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index