Nomura: Indonesia Paling Lambat Tangani Covid-19, Kematian Tertinggi di Asia setelah Cina

Nomura: Indonesia Paling Lambat Tangani Covid-19, Kematian Tertinggi di Asia setelah Cina
Presiden Jokowi (int)

Riauaktual.com - Penanganan virus Corona atau Covid-19 di Indonesia kembali menjadi sorotan dunia.

Indonesia dianggap paling lambat menangani Corona. Karena itu, Indonesia menjadi negara dengan angka kematian tertinggi di Asia setelah Cina.

Dikutip dari bloomberg.com, Sabtu (4/4), Indonesia melaporkan lonjakan angka penderita Corona dengan jumlah kematian melampaui Korea Selatan dan tertinggi di Asia setelah Cina.

Jumlah kasus yang dikonfirmasi naik menjadi 1.986 dengan 196 infeksi baru pada Jumat (3/4). Demikian dikatakan Achmad Yurianto, juru bicara satuan tugas pemerintah Covid-19 saat briefing di Jakarta pada hari Jumat.

Pandemi telah menewaskan 181 orang di Indonesia, melebihi total kematian di Kosera Selatan, yakni 174 orang. Itu sesuai data yang dikumpulkan oleh Johns Hopkins University yang berbasis di Baltimore.

Presiden Indonesia Joko Widodo mengumumkan darurat kesehatan nasional minggu ini dan memerintahkan menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menahan penyebaran virus yang menewaskan lebih dari 53.000 orang di seluruh dunia.

Negara dengan populasi terpadat keempat di dunia, bersama dengan India dan Filipina, dapat segera menjadi hot spot Covid-19 berikutnya mengingat populasi mereka yang besar, infrastruktur perawatan kesehatan yang lemah dan jaring jaminan sosial, menurut Nomura Holdings Inc.

Nomura menyebut Presiden Jokowi telah menolak seruan untuk mengunci kota dan daerah untuk melawan virus, dengan mengatakan langkah keras seperti itu paling merugikan orang miskin.

Tetapi lonjakan kasus telah membanjiri sistem perawatan kesehatan negara itu, dengan pihak berwenang berjuang untuk mendapatkan peralatan perlindungan pribadi yang cukup, jas hazmat dan ventilator untuk pekerja medis.

Menurut Nomura, tingkat kematian tertinggi di Asia di atas 9% mungkin menandakan jumlah infeksi aktual mungkin jauh lebih tinggi dari yang dilaporkan, mencerminkan kurangnya kapasitas pengujian COVID-19.

Negara itu pada akhirnya mungkin dipaksa untuk menerapkan penutupan penuh pada bulan April dan mungkin untuk jangka waktu yang lama, Nomura mengatakan dalam sebuah laporan Jumat.

“Kami pikir Indonesia adalah yang paling lambat dalam mengambil tindakan tegas dan oleh karena itu paling berisiko tertundanya penanggulangan wabah di dalam perbatasannya, dengan konsekuensi ekonomi negatif yang lebih besar,” kata analis Nomura yang dipimpin oleh Sonal Varma dalam laporan tersebut.

“Kekhawatiran segera adalah liburan mendatang, yang berisiko meningkatkan penularan karena lonjakan perjalanan domestik,” tambah anggota tim Riset Pasar Global Asia-Jepang.

Jokowi, yang pada hari Kamis mendesak orang-orang untuk menghindari perjalanan dan mempraktikkan jarak sosial untuk mencegah virus, telah memerintahkan sejumlah langkah-langkah dukungan pendapatan bagi para penerima upah harian, pekerja sektor informal dan pedagang asongan.

Pemerintah juga telah bersumpah untuk melakukan apa pun untuk membatasi kerusakan pada ekonomi terbesar Asia Tenggara dari pandemi, dengan mengalokasikan 405 triliun rupiah ( $ 25 miliar ) untuk mendukung sistem kesehatan dan ekonomi.

Ini juga untuk sementara menghapus batas defisit anggaran 3% dari produk domestik bruto untuk memungkinkan pemerintah meningkatkan pengeluaran.

Pihak berwenang berusaha keras untuk menstabilkan ekonomi dan pasar keuangan di tengah aksi jual di pasar negara berkembang, yang telah menyebabkan penurunan 16% dalam rupiah terhadap dolar sepanjang tahun ini.

Dengan pandemi mengambil korban, itu diproyeksikan akan tumbuh hanya 2,3% tahun ini, dibandingkan dengan perkiraan awal 5,3%, dan bahkan dapat berkontraksi 0,4% dalam skenario terburuk.

 

 

 

Sumber: pojoksatu.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index