Gubernur Riau, Syamsuar. (int)

Imbas Kepulangan TKI, ODP di Riau Meningkat Drastis, Menjadi 7.114 Orang

Ahad, 29 Maret 2020 - 18:20:09 WIB Di Baca : 356 Kali

Riauaktual.com - Kepulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia, melalui Pelabuhan Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau menuju Pelabuhan Domestik Bandar Sri Junjungan Dumai, mengakibatkan, meningkatnya jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Provinsi Riau, Ahad (29/3/2020).

''Meningkatnya ODP secara drastsis, karena membludaknya kepulangan warga kita dari Malaysia,'' terang Gubernur Riau, Syamsuar.

Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) ini, Syamsuar meminta semua pihak saling bergandengan, bukan saling menyalahkan.

Loading...

Gubri juga mengajak media massa, tidak memberikan ketakutan bagi masyarakat, dengan memberikan dan menciptakan informasi yang positif. Untuk bangkit melawan pandemi virus Corona (Covid-19). 

''Sekarang ini, bukan saatnya saling menyalahkan atau pun menakut-nakuti. Namun, bagaimana bisa bangkit saling bergandengan dan saling memberikan semangat. Untuk semua lapisan masyarakat, perusahaan dan organisasi kemasyarakatan untuk bergandengan tangan melawan virus Corona di Riau,'' kata Syamsuar.

Apa yang dilakukan masyarakat Wuhan, Cina dapat bangkit, patut ditiru, karena mereka saling menyemangati satu sama lain. 

''Masyarakat diminta tidak perlu takut, karena saat ini pemerintah pusat dan daerah, telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran yang lebih luas terhadap pandemi virus Corona,'' kata Gubri. 

Untuk saat ini, dengan situasi adanya sosial Distansing dan Psikal Distansing, masyarakat yang bekerja dari rumah diminta aktif menjaga kondisi tubuh dengan berolahraga.

Syamsuar mengatakan, sesuai imbauan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah, masyarakat diminta melakukan pola hidup sehat dengan berolahraga serta berjemur di bawah sinar matahari pagi sebelum melaksanakan aktivitas.

''Mari kita jaga pola hidup sehat dengan berolahraga serta berjemur di bawah sinar matahari pagi di halaman rumah agar kondisi badan tetap fit dan bugar. Saya sarankan masyarakat agar tetap dirumah, jaga asupan gizi, dan jaga kondisi badan agar daya tahan tubuh bisa menang melawan penyakit,'' imbau Gubri.

Hingga Ahad (29/3/2020) ini, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau mencatat, angka orang dalam pemantauan (ODP) mengalami peningkatan tajam yakni mencapai 7,114 orang, sebelumnya di hari Sabtu kemarin, jumlah ODP masih sebanyak 5.436 orang.

Dari angka ODP tersebut, sebanyak 97 orang selesai dilakukan pemantauan. Sehingga ditotal, orang yang masih di pantau berjumlah 7.017 orang.

''Dari total 7.114 ODP itu 97 orang selesai di pantau,'' kata Kadiskes Riau, Mimi Yuliana Nazir, Ahad (29/3/2020).

Sementara itu, untuk ODP yang sedang di pantau, satu pasien yang dirawat di Dumai dinyatakan meninggal. Namun, pihaknya belum memastikan apakah karena Corona atau tidak.

''Belum bisa dikatakan meninggal karena Corona, karena hasil swab belum keluar,'' kata Mimi.

Selain itu, sebanyak 97 pasien masih dalam pengawasan. Sedangkan, untuk pasien yang masih dirawat sebanyak 71 orang.

''Yang sudah di perbolehkan pulang sebanyak 25 pasien, karena hasil tes swab negatif. Untuk yang positif masih satu pasien,'' ungkap Mimi. (HA)




Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com