Eks Pasien Corona Kambuh, China Jadi Stres Lagi

Eks Pasien Corona Kambuh, China Jadi Stres Lagi
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Pemerintah China stres lagi. Gara-garanya, 14 persen pasien Corona yang telah sembuh kambuh lagi. Ditambah jumlah pasien corona yang tertular dari luar China terus meningkat. 

Dokter di salah satu rumah sakit di Wuhan menemukan lima dari 147 pasien yang sembuh, kembali positif setelah pemulihan. Dalam studi yang dilakukan oleh petugas medis di Wuhan, mereka yang kembali dinyatakan positif kebanyakan tidak menunjukkan gejala. 

Saat ini para ahli medis China telah mengajukan beberapa cara untuk mendeteksi jejak virus pada pasien pulih, salah satunya menggunakan tes asam nukleat. Dokter mengatakan, sangat penting untuk memonitor pasien yang pulih dan mengkarantina mereka selama dua minggu bahkan setelah pulang dari rumah sakit.

“Mungkin saja pasien yang pulih dinyatakan negatif karena hasil yang salah. Keakuratan uji asam nukleat adalah 30-50 persen,” kata Direktur Rumah Sakit Tongji, Wang Wei, seperti dikutip Daily Mail dari media lokal CCTV. 

Kondisi ini memicu kekhawatiran adanya second wave karena China tengah menghadapi tingginya kasus imported case virus corona dan pasien tidak bergejala. Saat ini terdapat 53 kasus baru positif corona di China. Mereka disebut terpapar virus corona setelah berpergian ke luar negeri. 

Untuk mengantisipasinya, pemerintah China memerintahkan menutup kembali 500 lebih bioskop yang telah buka, awal pekan ini. 

Biro film nasional China sudah menghubungi seluruh bisokop yang buka kembali tutup. Seperti dilansir The Hollywood Reporter, keputusan pemerintah China kembali menutup bioskop sangat mendadak. Terlebih sehari sebelumnya 250 bioskop di kawasan Shanghai sudah mendapat izin dari pemerintah Kota untuk kembali beroperasi. Padahal berdasarkan 250 bioskop itu dijadwalkan buka kemarin. 

Sebelumnya, 500 bioskop di China kembali buka. Pembukaan itu dilakukan setelah tingkat penyebaran virus corona rendah dalam beberapa hari terakhir. 

Berdasarkan data aplikasi penjualan tiket Maoyan, bioskop yang kembali buka terletak di lima provinsi yakni Xinjiang, Shangdong, Sichuan, serta dua provinsi yang berbatasan dengan Hong Kong, Fujian dan Guangdong. 

Pemerintah China juga mulai melarang kedatangan orang asing yang ingin masuk ke wilayahnya. Kebijakan ini diterapkan mulai Jumat (27/3) tengah malam, untuk mencegah penyebaran virus corona melalui imported case. Visa masuk yang diterbitkan untuk warga negara asing akan ditunda. 

Sebelumnya, pemerintah China membuka lockdown Provinsi Hubei, China. Pencabutan lockdown itu diambil sejak Selasa (24/3) tengah malam. Keputusan itu diumumkan melalui surat edaran resmi Pemerintah Provinsi Hubei. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index