ils (int)

BBKSDA : Informasi dari Warga, Ada Kemunculan Harimau Sebulan Belakangan

Senin,19 November 2018 - 20:47:39 WIB Di Baca : 642 Kali

Riauaktual.com - Paska di evakuasi satwa Harimau yang tersesat di kolong Ruko Pasar Pulau Burung, Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil), Balai Besar Konservasi Sumber Daya dan Alam (BBKSDA) Riau, mendapatkan informasi bahwa sebulan belakangan warga memang melihat kemunculan harimau disana.

Kebenaran informasi itu, sesuai dengan temuan kotorannya yang sudah mengering dari kotoran baru yang ditemukan waktu dilakukan proses penangkapannya.

''Kita pantau dilapangan, diduga memang harimau itu sudah beberapa kali datang kesana. Sesuai dengan kotoran yang yang sudah kering kita temukan di lokasi,'' ungkap Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya dan Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono.

Loading...

Warga, sebut Suharyono juga mengatakan, adanya penampakan harimau betina dan anaknya.

''Informasi itu dikatakan warga, saat Tim melakukan evakuasi kemarin, kita akan coba memasang kamera,'' tutur Suharyono.

Kondisi saat ini, harimau yang sudah diamankan, terlihat badannya sehat meski mengalami sedikit stres di Selter Dhamasraya. Bahkan, si belang juga terlihat kelelahan dan dehidrasi.

''Walau sempat minum air pegunungan, tapi akan kita bawakan air rawa dari tempat dia hidup,'' ungkapnya.

Dalam 14 hari kedepan, pihaknya akan melakukan Observasi terhadap Harimau yang hidup dirawa tersebut.

''Kita menunggu pimpinan, kemana akan dilepasliarkan. Karena tidak sembarangan bisa dilepasliarkan harimau,'' beber dia.

Mengapa dibawa ke Selter Dhamasraya, Sumatera Barat (Sumbar) di Provinsi Riau. Saat ini, belum ada pusat Rehabilitasi Harimau yang lengkap.

Karenanya, kedepan pihaknya berharap, akan ada pusat penanganan Harimau Sumatera. Karena di Riau khusus hidup Harimau rawa.

Perbandingan ukuran besar harimau rawa, dan Harimau gunung seperti di Dhamasraya ukuran badannya lebih besar.

''Ukuran harimau rawa dengan harimau gunung, sangat mencolok ukurannya,'' ujarnya.

Kemunculan harimau itu, kata Suharyono menurut analisa pihaknya, lebih disebabkan ketersediaan makanan karena sudah mulai kurang.

''Makanya dia masuk ke pemukiman warga,'' imbuhnya.

Diketahui, setelah terkurung di bawah kolong ruko selama kurang lebih tiga hari. Akhirnya memasuki hari keempat Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau berhasil melakukan pembiusan terhadap Harimau Sumatera yang menampakkan diri di Pasar Pulau Burung, Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil).   

Keberhasilan ini, setelah upaya pembiusan yang dilakukan Sabtu (17/11/2018) dinihari kemarin. (HA)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...