Harimau Tertidur, Tim Berhasil Lakukan Proses Evakuasi

Minggu,18 November 2018 - 18:46:58 WIB Di Baca : 700 Kali

Riauaktual.com - Setelah terkurung di bawah kolong ruko selama kurang lebih tiga hari. Akhirnya memasuki hari keempat Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau berhasil melakukan pembiusan terhadap Harimau Sumatera yang menampakkan diri di Pasar Pulau Burung, Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil).   

Keberhasilan ini, setelah upaya pembiusan yang dilakukan Sabtu (17/11/2018) dinihari kemarin.

''Setelah waktu yang diperkirakan satwa tersebut tertidur, maka Tim segera membuka sebagian tembok pondasi ruko untuk melakukan evakuasi,'' ungkap Suharyono, selaku Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Loading...

Untuk melakukan evakuasi, sebut Suharyono, tim cukup kewalahan dengan bobot Harimau yang diperkirakan mencapai berat 80 kilogram.

Dari hasil pengamatan pihaknya, harimau itu berjenis kelamin jantan dan berumur berkisar 3 tahun.

Hasil observasi, pihaknya menemukan ada luka pada kaki kiri depan seperti bekas jeratan. Kemudian pada gigi taring retak yang diperkirakan karena menggigit  jerat.

Demikian juga halnya, pada kaki belakang kanan juga terdapat luka yang langsung mendapat pengobatan dari 3 dokter hewan di tim tersebut.

''Evakuasi dilakukan dengan menggunakan transportasi air dan darat dimana dari lokasi TKP menggunakan speedboat ke Tembilahan kemudian dari Tembilahan akan dibawa menggunakan jalur darat ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Yayasan Arsari di Dharmasraya, Sumatera Barat,'' ungkap Suharyono.

Pihaknya memperkirakan, perjalanan dari Tembilahan ke Dharmasraya diperkirakan akan memakan waktu sekitar 12 jam sampai di lokasi rehabilitasi. Selanjutnya, di tempat tersebut akan dilakukan pengobatan, pemulihan, observasi dan rehabilitasi sebelum si belang kembali dilepasliarkan.

''Balai Besar KSDA Riau mengucapkan terima kasih atas upaya  yang dilakukan seluruh Tim dan kerjasama dari seluruh pihak terutama pemerintah daerah setempat khususnya BPBD, jajaran TNI, Polri, Yayasan Arsari, aparat Kecamatan, Kepala Desa dan warga yang luar biasa kondusif selama berlangsungnya evakuasi,'' pungkas Suharyono. (HA)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...