Inalillahi, Satu Pasien PDP Corona di RSUP Haji Adam Malik Meninggal Dunia

Inalillahi, Satu Pasien PDP Corona di RSUP Haji Adam Malik Meninggal Dunia
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Satu pasien dalam pengawasan (PDP) suspect corona virus (Covid-19) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan meninggal dunia, Selasa (17/3/2020).

Koordinator Penanganan COVID-19 RSUP Haji Adam Malik Medan, dr Ade Rahmaini membenarkan kabar yang beredar ini.

“Benar satu PDP meninggal dunia,” ujarnya dr Ade, Selasa (17/3) malam.

Hanya saja, dia enggan menjelaskan lebih detail terkait meninggalnya pasien tersebut. “Besok saja ya,” katanya singkat.

Dari informasi yang dihimpun, pasien yang meninggal adalah seorang dokter spesialis yang sempat melakukan perjalanan ke Jerusalem.

Sebelumnya diberitakan ada delapan pasien PDP di RSUP Haji Adam Malik Medan.

dr Ade Rahmaini, menjelaskan dengan ini maka ruang isolasi RSUP Haji Adam Malik tak lagi bisa menerima pasien diduga suspect. “Sekarang sudah penuh, kami punya sudah delapan (pasien),” ujarnya, saat dihubungi, Selasa (17/3/2020) siang.

Ade mengungkapkan kelima pasien PDP baru itu masuk sejak Senin (16/3/2020) sore dan malam. “Semuanya WNI tidak ada WNA,” tegasnya.

Ils int

Dia menyebut pihaknya baru menerima kembali jika dari kedelapan pasien itu sudah diketahui hasilnya negatif hingga bisa dipulangkan. “Ya, kita tidak bisa terima lagi. Tapi kalau kita sudah dapat hasil sudah negatif, sudah bisa kita keluarkan,” lanjutnya.

Jika ada pasien baruu, maka akan disarankan ke rumah sakit rujukan penanganan pasien corona di Sumut. “Jadi nanti kalau ada pasien akan kita arahkan ke rumah sakit rujukan yang lain. Karena kalau di Adam Malik sudah enggak lagi bisa (menerima),” jelasnya.

Ade menegaskan pihaknya belum menerima hasil pemeriksaan tiga pasien PDP awal. “Kita belum dapat hasilnya. Saya juga enggak tahu kapan, karena hasilnya dari Balitbangkes, kan kita kirimnya ke sana. Kan 3 sampai 5 hari (pemeriksaan) kan gitu. Tapi kita belum dapat (hasilnya),” bebernya.

Kepada masyarakat di Sumut, Ade mengimbau agar selalu menjaga kesehatan dan jangan lupa mencuci tangan. “Jika tidak ada keperluan untuk beraktivitas di luar rumah, sebaiknya di rumah saja,” pungkasnya.

 

 

Sumber: pojoksumut.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index