Daerah Pasien Corona Dirahasiakan, Jokowi Takut Warga Panik

Daerah Pasien Corona Dirahasiakan, Jokowi Takut Warga Panik
foto : internet

Riauaktual.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan pemerintah tak mengungkapkan data sebaran pasien yang dinyatakan positif corona. Menurut dia, pemerintah memutuskan untuk tak mengungkapkan data sebaran pasien karena mempertimbangkan dampak kepanikan di masyarakat.

Selain itu, pemerintah juga mengkhawatirkan kondisi psikologi pasien corona jika dinyatakan sembuh dan kembali ke masyarakat. 

"Sebetulnya inginnya kita sampaikan. Tetapi kita berhitung mengenai kepanikan dan keresahan di masyarakat dan efek nantinya terhadap pasien apabila sembuh," ujar Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (13/3), sebagaimana dikutip dari republika.co.

Jokowi mengatakan, setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait transparansi data sebaran pasien positif corona ini. Namun, ia memastikan, tim reaksi cepat akan langsung merespon jika ditemukan adanya pasien yang diduga positif terjangkit virus ini.

"Setiap negara memiliki policy yang berbeda-beda. Tapi setiap ada kluster baru tim reaksi cepat akan langsung mengabari," kata dia.

Sebelumnya dilaporkan, pasien kasus 1 dan 2 yang menjadi kasus pertama virus corona di Indonesia sempat mengalami depresi setelah data privasinya tersebar di masyarakat. Pihak rumah sakit pun harus memberikan pendampingan psikolog kepada keduanya.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index