Trump Umumkan Darurat Nasional Virus Corona

Trump Umumkan Darurat Nasional Virus Corona
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: DW (News))

Riauaktual.com - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengumumkan keadaan darurat nasional virus Corona pada Jumat (13/3). Dia mengeluarkan dana sebesar USD 50 miliar untuk meningkatkan kapasitas pengawasan dalam melawan pandemik virus Corona.

"Untuk melepaskan kekuatan penuh dari pemerintah federal, saya secara resmi mendeklarasikan darurat nasional," kata Trump, seperti dilansir AFP, Sabtu (14/3/2020).

"Delapan minggu ke depan sangat penting, kita bisa belajar dan kita akan mengubah arah virus ini," katanya.

Trump meminta semua negara bagian di Amerika Serikat untuk mendirikan pusat operasi darurat untuk meningkatkan kemampuan untuk menguji virus ini di tengah kritik tentang kurangnya alat uji nasional untuk seluruh negara.

"Saya juga meminta setiap rumah sakit di negara ini untuk mengaktifkan rencana kesiapsiagaan darurat untuk memenuhi kebutuhan orang Amerika di mana saja," kata Trump.

Dia menyebut darurat nasional juga akan memberikan wewenang baru pada sekretaris kesehatan Amerika Serikat untuk mengesampingkan serangkaian peraturan. Termasuk tentang pelayanan kesehatan jarak jauh atau memungkinkan rumah sakit untuk membawa staf tambahan.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index