Ini 4 Api yang Tak Pernah Padam di Dunia, Satunya Ada di Indonesia

Ini 4 Api yang Tak Pernah Padam di Dunia, Satunya Ada di Indonesia
sumber gambar: wikimedia.org

Riauaktual.com - Api abadi adalah kondisi di mana alam memunculkan api yang tak bisa padam. Meski usianya sudah ribuan tahun, ditimpa hujan deras, api masih terus berkobar.

Hal ini bisa jadi karena adanya kandungan mineral Bumi dengan jumlah yang banyak di sekitar api abadi tersebut seperti gas alam, batu bara, atau mineral Bumi lainnya yang mudah terbakar.

Di dunia ini, ada beberapa api abadi yang tak pernah padam sampai saat ini. Bahkan di Indonesia ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi. Di mana saja letak api abadi ini? Simak dalam ulasan sebagaimana dikutip dari Boombastis.com:

Yanar Dag Azerbaijan, gunung api abadi yang tak pernah padam

Salah satu negara yang dijuluki sebagai Negara Api adalah Azerbaijan. Hal ini terjadi karena melimpahnya cadangan gas alam di negara ini. Saat gas alam bocor ke permukaan dan tersulut api maka terciptalah api abadi.

Salah satu yang paling terkenal adalah Yanar Dag. Konon, api Yanar Dag ini baru muncul pada tahun 1950an setelah seorang pengembala ceroboh membuang korek api di dekat bebatuan yang mengeluarkan gas alam.

Setelah hampir 70 tahun berlalu, api di Yanar Dag hingga kini masih menyala bahkan saat hujan atau salju sekalipun, melansir dari Phinemo.com. Api ini akan lebih jelas saat dikunjungi di malam hari, saat langit gelap.

Api abadi South Island, Selandia Baru

Api abadi ini sudah muncul sejak tahun 1920-an di Selandia Baru. Mengenai keberadaannya, tak banyak orang yang mengetahui. Api yang disebut warga lokal dengan ‘blow gas’ ini terletak di pedalaman Hutan Murchison, South Island, Selandia Baru.

Masyarakat sangat yakin kalau api ini adalah hasil dari bocornya gas alam. Yang uniknya, saat hujan turun, api akan mati sejenak, namun muncul kembali bila hujan telah reda.

Chestnut Ridge Park, Amerika Serikat
Namun api ini tidak pernah padam sebab tempat ini mengandung cukup banyak unsur minyak bumi seperti etana dan propana. 
Tapi sejauh ini, para peneliti belum mengetahui secara pasti bagaimana api ini bisa menyala terus di tempat seperti itu.

Api abadi di Indonesia
Indonesia punya beberapa titik api abadi yang bisa kamu temukan. Api ini masing-masing punya cerita tersendiri, mulai dari berkat tancapan tongkat orang sakti, hingga api yang merupakan peninggalan dari salah satu Walisongo, Sunan Kalijaga.

Api abadi yang ada di Indonesia di antaranya adalah Kayangan Api, Bojonegoro, Api Abadi Pamekasan (Madura), Api Mrapen Jawa Tengah, serta Blue Fire Ijen (yang hanya ada dua di dunia). sama seperti api abadi lainnya, api-api yang ada di Indonesia ini juga tak pernah mati, meski diguyur oleh air hujan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index