Singapura Ungkap 6 Pasien Baru Corona, 3 Pernah ke Batam

Singapura Ungkap 6 Pasien Baru Corona, 3 Pernah ke Batam
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Singapura mengungkap enam kasus virus corona (Covid-19) baru sejak 29 Februari lalu hingga Minggu (1/3) kemarin. Tiga dari enam pasien diketahui memiliki riwayat melakukan perjalanan ke Batam.

Kementerian Kesehatan Singapura menuturkan pasien pertama atau dalam situs resminya disebut kasus 103 merupakan seorang perempuan berusia 37 tahun. Warga Singapura yang dinyatakan positif corona pada Minggu kemarin itu dilaporkan tidak memiliki riwayat perjalanan dari China atau pun Korea Selatan.

"Tetapi dia dilaporkan pernah ke Batam pada 21-23 Februari lalu," bunyi pernyataan Kemenkes Singapura melalui situs resminya.

Perempuan tersebut kini tengah dikarantina di Pusat Penyakit Menular Nasional (NCID). Perempuan itu juga memiliki hubungan keluarga dengan dua orang lainnya yang lebih dulu didiagnosa positif corona yakni kasus 93 dan 101.

Sebelum dikarantina di fasilitas kesehatan, perempuan yang bekerja di Asia Asset Recovery Pte Ltd itu dikabarkan telah mengisolasi diri sendiri di rumahnya pada 26 Februari. Ia sempat melaporkan memiliki gejala Covid-19 dan mencari pertolongan medis pada 25 Februari.

Pasien kedua atau kasus 104 merupakan perempuan asal Myanmar berusia 25 tahun. Ia dilaporkan tidak memiliki riwayat perjalanan ke China atau Korea Selatan namun tercatat pernah pergi ke Batam pada 21-23 Februari. 

Perempuan Myanmar ini merupakan asisten rumah tangga pasien 103. Serupa dengan sang majikan, ia kini tengah dikarantina di NCID.

Pada Sabtu (29/3), Singapura juga mengonfirmasi dua kasus baru corona, salah satunya yakni pasien 101 dikabarkan memiliki riwayat perjalanan ke Batam. 

Pasien tersebut dilaporkan seorang pria berusia 61 tahun. Ia juga dilaporkan tidak memiliki riwayat perjalanan ke China dan Korea Selatan, namun pernah pergi ke Batam pada 21-23 Februari.
?Saat ini, pria Singapura itu tengah diisolasi di Rumah Sakit Umum Ng Teng Fong (NTFGH). Dia memiliki hubungan keluarga dengan pasien 103.

Pria tersebut dikabarkan mulai mendapati gejala Covid-19 pada 25 Februari. Ia pernah pergi ke unit gawat darurat NTFGH pada 28 Februari dan sejak itu langsung diisolasi.

Sementara itu, tiga kasus virus corona lainnya yakni pasien 105, 106, dan 102 dilaporkan tidak memiliki riwayat perjalanan dari China, Korea Selatan, dan juga Indonesia.

Sejauh ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat ada 106 kasus virus corona terkonfirmasi di Singapura dengan nihil kematian. Sejauh ini sudah ada 74 pasien positif corona yang dinyatakan sembuh di Singapura, termasuk seorang asisten rumah tangga asal Indonesia. 

 

 

 

Sumber: cnnindonesia.com


 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index