ils (int)

Jangan Sekali-kali Mengabaikan! Ternyata Ini Alasan Mengapa Harus Tutup Mulut Saat Menguap

Jumat,09 November 2018 - 04:47:54 WIB Di Baca : 308 Kali

Riauaktual.com - Apa yang Anda lakukan saat sedang menguap, membuka mulut lebar-lebar sambil mengeraskan suara, menahannya atau menutupnya menggunakan tangan? Hampir semua orang pasti pernah menguap, bahkan banyak yang menyebutkan jika menguap merupakan tanda seseorang mulai mengantuk, kurang tidur atau kelelahan.

Apapun penyebabnya, ternyata dalam islam ada aturan yang harus dilakukan saat sedang menguap, yakni : menutup mulut menggunakan punggung tangan atau dengan mengatupkan mulut agar tidak menganga lebar.

Mungkin sebagian dari kita merasa bingung, apa sich alasannya? Seperti biasa, kalau kita tidak tahu pasti apa alasannya, bisa jadi kita akan setengah-setengah menjalankannya atau bahkan mengabaikannya. Nah, agar kita selalu mengingat tentang anjuran Rasulullah tentang menguap ini, sebaiknya kenali alasannya berikut ini

Loading...

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan benci terhadap menguap. Maka apabila ia bersin, hendaklah ia memuji Allah (dengan mengucapkan ‘Alhamdullillah’). Dan merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mendengarnya untuk mendoakannya. Adapun menguap, maka ia berasal dari setan. Hendaklah setiap muslim berusaha untuk menahannya sebisa mungkin, dan apabila mengeluarkan suara ‘ha’, maka saat itu setan menertawakannya.” (HR Bukhari)

Dalam hadits diatas disebutkan bahwa Allah menyukai bersin dan membenci menguap, kira-kira apa alasannya?
Imam Ibnu Hajar berkata, “Imam Al-Khathabi mengatakan bahwa makna cinta dan benci pada hadits di atas dikembalikan kepada sebab yang termaktub dalam hadits itu. Yaitu bahwa bersin terjadi karena badan yang kering dan pori-pori kulit terbuka, dan tidak tercapainya rasa kenyang. Ini berbeda dengan orang yang menguap.
Menguap terjadi karena badan yang kekenyangan, dan badan terasa berat untuk beraktivitas, hal ini karena banyaknya makan . Bersin bisa menggerakkan orang untuk bisa beribadah, sedangkan menguap menjadikan orang itu malas (Fathul Baari, 10/607)

Jika menguap dibenci, maka lakukan hal penting ini saat menguap, sebisa mungkin tahanlah dengan cara mengatupkan mulut atau dengan menutup menggunakan punggung tangan.

“Bila salah seorang dari kalian menguap maka hendaklah dia menahan mulutnya dengan tangannya karena sesungguhnya setan akan masuk.” (HR. Muslim no. 2995)

Ini Alasan Mengapa kita wajib Menutup Mulut saat menguap
•    Menguap bisa menjadi jalan bagi setan untuk masuk melalui mulut kita
•    Mulut bukan organ untuk menyaring udara sebagaimana hidung, padahal saat menguap kita akan menghirup udara melalui mulut. Jika dibiarkan maka bisa jadi menajdi jalan masuk debu, mikroba dan zat berbahaya ke tubuh.
•    Membiarkan mulut terbuka merupakan perbuatan yang tidak sopan dan tidak beretika.
•    Menguap merupakan perkara yang dibenci Allah, maka itu sebisa mungkin kita harus menahannya atau
menutup mulut.
•    Menguap itu dari setan, sehingga kita tidak boleh menurutinya

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Menguap adalah dari setan, maka jika salah seorang di antara kalian menguap, hendaklah ia menahannya sedapat mungkin.” (HR Muslim)

Setelah mengetahui tentang penjelasan serta alasan mengapa kita wajib menutup mulut saat menguap diatas, pastinya kita akan lebih ringan menjalankannya.


Sumber : kajianlagi.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...