ils (int)

Doa Agar Bebas Dari Utang dan Belenggu Kemiskinan

Jumat,09 November 2018 - 04:21:13 WIB Di Baca : 28269 Kali

Riauaktual.com - Banyak yang berpendapat kalau di jaman sekarang ini kalau nggak hutang nggak akan punya. Padahal inilah tipudaya syaitan untuk menjerumuskan manusia pada riba yang membinasakan.

Lihatlah di jaman sekarang ini, betapa banyak kemudahan dan fasilitas untuk kita bisa mendapatkan impian secara instan, dari mobil, rumah, alat elektronik, pakaian, dan semua yang kita inginkan. Semua kenikmatan duniawi itu bisa didapatkan secara instan dengan utang riba. Banyak orang yang tidak sadar bahwa utang riba itu bagaikan candu.

Awalnya terlihat ringan dan nikmat, lalu setelah mulai kecanduan, seseorang akan menaikkan dosis atau jumlah hutangnya hingga tanpa disadari, jumlah hutang akan semakin bertambah melebihi apa yang diperkirakan. Akibatnya, seseorang akan terlilit hutang dan tak mampu lagi bergerak untuk melepaskannya.

Loading...

Jika sudah demikian, semuanya akan jadi terasa sulit, berat dan hidup akan terasa tidak nyaman. Sudah pasti, hanya orang yang tidak waras saja yang bisa makan enak dan tidur nyenyak dengan beban hutang yang bergunung-gunung.

Ketika Anda berada di posisi ini, berhentilah dan jangan menambah hutang lagi. Jangan membayar hutang dengan cara berhutang, karena itu justru membuat Anda terjebak pada lubang yang lebih dalam lagi. Stop! Mulai memanage keuangan Anda yang mungkin lagi minus, segera selesaikan apa yang bisa Anda selesaikan, jika perlu jual apa yang bisa dijual untuk menutup hutang Anda.

Apa yang harus Anda jual pertama kalinya? Barang-barang yang mengandung riba, karena dengan cara inilah Anda bisa memutus satu persatu rantai riba. Sungguh teman, riba itu menjauhkan Anda dari keberkahan dan riba itu mengundang murkanya Allah. Jadi jangan main-main dengan riba.

Satu lagi yang jangan sampai dilupakan adalah Doa, karena doa dapat mengubah semuanya dan doa dapat mempercepat apa yang tengah Anda usahakan, termasuk mempercepat melunasi hutang.

Mungkin tak semua orang tahu bagaimana bacaan doa agar bisa melunasi hutang dan terlepas dari kemiskinan. Agar lebih jelasnya, simak doanya berikut ini:
Telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata, “Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan,

"Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri"

Artinya:

“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu.
Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)

Imam Nawawi rahimahullah menyatakan bahwa maksud utang dalam hadits tersebut adalah kewajiban pada Allah Ta’ala dan kewajiban terhadap hamba seluruhnya, intinya mencakup segala macam kewajiban.” (Syarh Shahih Muslim, 17: 33).

Semoga dengan usaha dan rutin mengamalkan doa diatas sebelum tidur, Anda bisa segera terbebas dari hutang. Aamiin Ya Rabb.

 


Sumber : kajianlagi.com


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...