Ilustrasi (net)

Asyik Menyelam, Pria Ini Syok Bertatap Muka dengan Anaconda Raksasa

Senin, 17 Februari 2020 - 07:59:52 WIB Di Baca : 9318 Kali


Riauaktual.com - Mendengar kata 'Anaconda' saja sudah membuat kita merinding, apalagi jika sampai melihatnya langsung? Ular raksasa dan mengancam ini adalah mimpi buruk bagi banyak orang. 

Meskipun ular ini tidak berbisa, ukurannya yang sangat besar mampu menelan manusia. Bahkan, seekor anaconda mampu menelan 3-5 tubuh manusia hanya dalam waktu setengah jam saja.

Entah ini menjadi keberuntungan atau kesialan untuk dua orang penyelam ini. Saat menyelam di sungai Formoso di Brasil, dua orang pria yang sedang melakukan penyelaman bertatap muka langsung dengan reptil raksasa itu. 

Anaconda biasanya hidup di rawa-rawa dan sungai-sungai keruh di Amerika Selatan, namun sungai Formoso menawarkan air yang jernih. Jadi, ini adalah tempat satu-satunya di dunia di mana orang bisa menyelam dan bertemu dengan pemangsa raksasa ini. 

Anaconda biasanya bangun dari hibernasi dari akhir Juli hingga awal Agustus. Jadi, itu waktu yang paling bagus bagi penyelam yang ingin bertemu langsung dengan hewan yang sering muncul di film dan digambarkan sangat mengerikan itu. 

Suhu air sungai berkisar 22-24 derajat celcius sepanjang tahun, tetapi selama musim dingin, udara umumnya bisa lebih dingin dibanding air, sehingga anaconda menghabiskan lebih banyak waktu di dalam air. 

Bartolomeo Bove dan Juca Ygarape bertemu langsung dengan anaconda hijau raksasa, berukuran 23 kaki atau setara 7 meter dan beratnya mencapai 90 kg. 

Dalam video, anaconda tersebut sedang berbaring di dasar sungai dan begitu ia melihat kamera, ia langsung memeriksa, menjulurkan lidah, kemudian berenang menjauh. Bove, penyelam hiu profesional, dan seorang videografer bawah air, kemudian mengikuti anaconda tersebut untuk mendapatkan lebih banyak rekaman. 

Video yang ia rekam memberikan gambaran luar biasa untuk mengenal ular raksasa itu dengan lebih baik. Bove mengatakan banyak orang yang salah paham dengan menganggap anaconda sebagai hewan yang agresif. 

"Sungai-sungai dan genangan air di sekitar wilayah Bonito adalah satu-satunya tempat di Amerika Selatan, tapi di sini anaconda dapat ditemukan di perairan jernih, dan menyelam bersama mereka (anaconda) sangat memungkinkan. Seperti yang ditunjukkan dalam rekaman, anaconda berenang dengan tenang dan damai, sama sekali tidak peduli dengan kehadiran kita. 

Terkadang dia mendekat, ingin tahu tentang kamera saya dan menjilati lensa. Perilaku anaconda ini menepis mitos bahwa hewan ini adalah makhluk yang agresif dan kejam, yang dapat membahayakan hidup orang," kata Bove, dilansir VIVA dari Healthy Food House, Senin 17 Februari 2020. 

Anaconda hijau merupakan spesies ular terbesar di dunia dan dapat tumbuh hingga 30 kaki (9,1 meter) dan berat mencapai 250 kg. Ular-ular ini dapat bergerak sangat cepat dan membunuh mangsanya dengan cara melilit mangsa hingga tidak bisa bernapas.

Sumber: viva.co.id





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com