Beruang Masuk Pemukiman, Balai Besar KSDA Riau Tinjau Lapangan

Rabu,22 Januari 2020 - 19:46:34 WIB Di Baca : 292 Kali

Riauaktual.com - Balai Besar KSDA Riau, Rabu (21/1/2020) langsung turun, saat mendapat informasi kemunculan beruang madu di Jalan Abdul Rab Khan, RT15 KM 3, Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan. 

Menindaklanjuti nya, tim BKSDA Riau yang turun memanfaatkan mercun, untuk mengusir beruang madu dari pemukiman penduduk.

''Agar beruang madu menjauh dari pemukiman, tim menggunakan mercun,'' kata Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono, Rabu (21/1/2020).

Loading...

Sebelum menemukan beruang itu, tim dilapangan sempat melakukan penelusuran di pemukiman dan masuk ke semak-semak.

''Saat tim mencari, tiba-tiba tim melihat seekor Beruang madu melintas dan langsung dengan cepat bersembunyi dibalik pepohonan,'' ujar Suharyono. 

Setelah sasaran terlihat, pengusiran dilakukan dengan menggunakan mercon. Namun beruang tersebut masih bertahan di lokasi.

''Karena beruang enggan bergerak dari lokasi, Tim dibantu warga dan Manggala Agni Daops Dumai serta masyarakat yang lain segera memasang kerangkeng di sekitar Beruang dan memberinya umpan,'' terang Suharyono.

Hasilnya, umpan minyak jelantah, buah cempedak, rambutan, serta sarden di dalam dan sekitar kerangkeng mau dimakan beruang tersebut.

''Kami menghimbau warga setempat agar berhati hati dan waspada. Dan jangan melakukan penjeratan atau penembakan terhadap satwa tersebut dikarena satwa Beruang merupakan salah satu satwa yang dilindungi Undang Undang No. 5 Tahun 1990 tentang KSDAE,'' tutup Suharyono. (HA)




Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com