Jokowi Sidak Diam-diam ke Waduk Pluit

Jokowi Sidak Diam-diam ke Waduk Pluit
Jokowi berbincang dengan petugas di Waduk Pluit. (Dok. Biro Pers Setpres)

Riauaktual.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi tadi mendadak mendatangi Waduk Pluit dan mengecek alat penanganan banjir. Apa alasan Jokowi datang ke sana?

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan sidak Presiden tersebut merupakan langkah yang tepat. Basuki menyebut Presiden Jokowi ingin memastikan Waduk Pluit beroperasi normal.

"Presiden tentunya ingin memastikan Waduk Pluit yang berfungsi sebagai tampungan sementara (polder) yang masuk dari Kali Cideng (termasuk Kali Pakin dan Kali Jelangkeng), anak Kali Ciliwung (Kali Besar) dan saluran drainase sekitarnya dapat beroperasi dengan normal," ucap Basuki, Jumat (3/1/2020).

Waduk Pluit dilengkapi dengan pompa yang fungsi utamanya pada saat kondisi banjir dan pasang air laut (rob), di mana air akan dipompa dari Waduk Pluit ke laut. Basuki juga menjelaskan bahwa tampungan Waduk Pluit adalah 3,29 juta m3 yang dilengkapi dengan 3 rumah pompa berkapasitas total 49 m3/detik.

"Daerah yang dilayani Waduk Pluit seluas 2.080 hektare, termasuk di dalamnya pusat kegiatan ekonomi dan pemerintahan (Monas, Pasar Baru, Mangga Dua, Duri, Kota, dll). Waduk Pluit menjadi bagian sistem tata air pada kawasan sekitar Istana," jelasnya.

Masih dari keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, pengoperasian Waduk Pluit berada di bawah tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta. Waduk Pluit selesai dibangun pada 1973, sedangkan pompanya mulai dibangun pada 1978 dan selesai pada 1984. Adapun rehabilitasi terakhir selesai dilaksanakan pada 2014.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi pagi tadi mengecek ke lokasi dimana sejumlah alat berat bersandar di sisi Waduk Pluit. Setelah berdialog sebentar dengan operator alat berat, Jokowi, yang datang hanya dengan dikawal oleh Paspampres, langsung menuju salah satu rumah pompa Waduk Pluit.

Jokowi kembali berdialog dengan salah seorang petugas yang berada di lokasi sembari berkeliling rumah pompa. Jokowi memastikan kondisi mesin pompa dalam keadaan baik.

 

Sumber: detikcom

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index