Pakai Krim Pemutih Mengandung Merkuri, Wanita Ini Alami Koma

Pakai Krim Pemutih Mengandung Merkuri, Wanita Ini Alami Koma
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Wanita asal Sacramento, mengalami koma setelah menggunakan krim pemutih, dengan bahan berbahaya selama bertahun-tahun.

Wanita 47 tahun itu, datang ke ruang gawat darurat dengan keluhan mati rasa di tangan dan kaki. Bicara cadel, dan kesulitan berjalan. Tetapi, wanita tersebut, tidak menderita stroke atau serangan jantung.

Tim medis pun, sempat kesulitan mengidentifikasi penyakit yang diderita wanita tersebut. Sampai akhirnya, wanita itu mengalami koma.

Setelah ditelusuri, ternyata wanita itu keracunan merkuri dari krim pemutih wajah, yang digunakannya. Olivia Kasirye, petugas kesehatan umum Departemen Kesehatan Kabupaten Sacramento mengatakan bahwa krim wajah wanita itu mengandung methylmercury.

Dikutip dari himedik.com, kandungan methylmercury ini adalah sejenis merkuri yang sangat beracun. Kasus keracunan merkuri dari krim wajah ini baru pertama kalinya terjadi di Amerika Serikat.

Akibat kejadian ini, Kasirye meminta masyarakat untuk menghentikan penggunaan krim wajah yang mengandung methylmercury atau metilmerukuri bagi anak remaja maupun orang dewasa.

Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan metilmerkuri pada kulit bisa memengaruhi sistem pusat dan perifer dengan gejala tremor, kehilangan memori, disfungsi kognitif dan motorik.

WHO dan Pan American Health Organisation melaporkan pada tahun 2017 bahwa merkuri digunakan dalam produk krim pemutih wajah karena bisa menekan melanin yang memudarkan hiperpigmentasi pudar, bekas jerawat, dan warna kulit.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index