Inalillahi, 30 Orang Jadi Korban Jiwa Banjir Jabodetabek

Inalillahi, 30 Orang Jadi Korban Jiwa Banjir Jabodetabek
Banjir Jakarta 1 Januari 2020. Foto BNPB

Riauaktual.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan sinkronisasi dan validasi data korban bencana banjir.

Hal itu sekaligus tindak lanjut dari rapat koordinasi penanganan bencana banjir di Jabodetabek yang dilakukan Kamis pagi.

“Berdasarkan data yang dikumpulkan BNPB dari Pusat Krisis Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, BPBD, TNI, POLRI, dan sumber lainnya, sampai dengan pukul 21.00 WIB jumlah korban meninggal akibat banjir adalah 30 orang,” kata Kapusdatinkom BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/1).

Korban meninggal terbanyak berada di Kabupaten Bogor dengan jumlah 11 orang. Kemudian Jakarta Timur 7 orang, Kota Bekasi dan Kota Depok masing-masing 3 orang, dan masing-masing 1 orang untuk Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor dan Kota Tangerang.

“Sedangkan berdasarkan penyebabnya, 17 orang meninggal karena terseret arus banjir, 5 orang tertimbun longsor, 5 orang tersengat listrik dan 3 orang hipotermia,” sambungnya, sebagaimana dikutip dari pojoksatu.id.

Berdasarkan BMKG, jelasnya, hujan deras masih akan berlangsung sampai tanggal 10 Januari 2020. Oleh karenanya, ia mengimbau agar warga yang rumahnya masih terendam cukup dalam dan masih bertahan di rumah untuk segera evakuasi ke tempat aman.

“Jika kondisi banjir sudah surut, maka boleh kembali ke rumah msing-masing. Utamakan keselamatan jiwa terlebih dahulu dibanding harta,” tandasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index