PWI Pekanbaru Gelar Deklarasi Pemuda Riau Melawan Hoax 28 Oktober, Mari Ikuti Berbagai Perlombaannya

Sabtu,20 Oktober 2018 - 10:29:07 WIB Di Baca : 1156 Kali

Riauaktual.com - Menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pekanbaru akan menggelar sejumlah kegiatan yang dikemas dalam Deklarasi Deklarasi Pemuda Riau Melawan Hoax 2018. Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2018 dan dipusatkan di areal CFD Jalan Sudirman.

Ketua PWI Pekanbaru, Agustiar, mengatakan bahwa ada beberapa kegiatan yang ditaja PWI dalam rangka deklarasi tersebut. Mulai dari gerak jalan santai dengan doorprize, panggung hiburan, lomba cipta lagu, lomba membuat meme serta lomba game online PUBG. "Acara intinya nanti kita adakan deklarasi bersama dengan anak muda dan juga aparat pemerintahan dan penegak hukum," sebutnya.

Agustiar mengatakan, kegiatan ini nantinya akan menghadirkan Gubernur Riau dan Walikota Pekanbaru. Ia juga berharap kepala daerah lainnya di Riau bisa menyempatkan hadir.

Loading...

"Kita ingin berbagai elemen bisa ikut menyatakan diri melawan hoax. Karena saat ini informasi dan berita hoax sangat ramai ditemukan dan sudah meresahkan," ungkap Agustiar.

Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka menghadapi Pilpres 2019. Karena semakin dekat dengan waktu pemilihan, semakin banyak informasi hoax yang tersebar. Oleh sebab itu masyarakat, khususnya pemuda, harus berkomitmen untuk mencegah tersebarnya informasi hoax tersebut.

"Nantinya dari kepolisian dan pihak terkait akan ikut memberikan arahan. Kita menargetkanada lima ribu masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan deklarasi ini," pungkas Agustiar.


 

Danrem 031/WB Support Penuh Deklarasi Pemuda Riau Melawan Hoax


Dalam giat ini, Danrem 031/WB Brigjen TNI Sonny Aprianto menyambut baik giat ini, dan juga menyatakan dukungannya untuk terselenggaranya deklarasi dengan judulnya pemuda Riau melawan hoax.

"Kami siap support untuk ikut mensukseskan deklarasi ini," kata Sonny didampingi Dandim 0301 Pekanbaru Letkol Inf Andri Sulistiawan.

Statement ini disampaikannya saat menerima kunjungan silaturahmi Ketua PWI Pekanbaru, Agustiar, yang juga didampingi salah satu penasehat PWI, Arif Eka Saputra beberapa hari lalu di ruang kerjanya.

"Semoga acaranya bisa berjalan dengan baik," harapnya.

Kegiatan deklarasi pemuda Riau melawan hoax ini mengambil tempat pelaksanaannya di halaman kantor wali kota jalan Sudirman dan juga area CFD.

Giat ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat jelang pemilihan presiden RI, dimana ada dua pasang kandidat yang maju, Joko Widodo - Ma'aruf Amin, dan juga Prabowo-Sandiaga Uno.

Dalam pelaksanaan di hari H nanti panitia penyelenggara mengundang relawan kedua pasang capres itu untuk bersama dengan PWI melawan informasi dan berita hoax yang banyak disebar di medsos dan online yang tidak bertanggung jawab. Ditambah saat ini kedua kubu mulai saling serang di medsos.


Polda Riau Sambut Baik Program PWI Pekanbaru

Direktur Reserse Kriminal Khusus  (Dirkrimsus) Polda Riau, Kombes Pol Gidion Arif Setiawan menyambuat baik program PWI Pekanbaru. Ia menyatakab, Polda Riau siap mendukung maksimal deklarasi Pemuda Riau Melawan Hoax dalam rangka semangat Sumpah Pemuda 2018.

"Semoga energi sumpah pemuda bisa membangun masyarakat yang cerdas dengan cara melawan hoax atau informasi palsu yang semakin berkembang dan tak terbendung. Apa yang dilakukan PWI Pekanbaru ini harus didukung penuh, karena sejalan dengan program pemerintah yang terus berupaya menghantam HOAX," ujar Gideon saat menerima silahturrahmi pengurus PWI Pekanbaru di ruang kerjanya.

Sebagai bentuk dukungan, lanjutnya, pihaknya akan terlibat langsung dalam kegiatan itu dengan mensupport penuh yang diperlukan panitia.

"Kami mengajak seluruh pemuda di Riau, khususnya di Pekanbaru untuk hadir dalam deklarasi melawan hoax ini.  Nyatakan pemuda Riau punya energi positif untuk melawan hoax. Mari kita bersama membangun Indonesia yang lebih aman,nyaman dan cerdas," tegasnya.

Gidion mengakui, media sosial saat ini menjadi fenomena dalam kehidupan. Kemajuan teknologi membuat berbagai informasi yang berkembang menjadi bebas dan tak lagi tersaring kebenarannya. Untuk itu, dengan semangat melawan Hoax, ia meminta masyarakat bisa menjadi sosok yang cerdas dalam menyaring informasi yang didapat sebelum menyebarkan.

"Karena itu kalau orang baik dan cerdas tidak ada di dunia maya, maka dunia maya akan diisi oleh orang jahat yang tidak bertanggungjawab dalam menyebarkan informasi yang negatif dan memberikan kecemasan kepada masyarakat luas tanpa memperdulikan kebenaran kabar tersebut. Mari kita menjadi masyarakat dan generasi yang cerdas. Ayo lawan Hoax, pastikan kebenaran sebelum menyebarluaskan. Ingat saat ini sudah ada hukum dan sanksi bagi yang menyebarluaskan kabar bohong atau informasi hoax," tutur Gidion.

Walikota Pekanbaru : Masyarakat Riau khususnya Pekanbaru Harus Diberikan Edukasi Tentang Bahaya Hoax

Walikota Pekanbaru DR Firdaus MT mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan ini. Karena bagaimanapun masyarakat Riau khususnya Pekanbaru harus diberikan edukasi tentang bahaya hoax ditengah kalangan masyarakat.

"Karena kita bisa lihat, informasi yang berkembang dimedia sosial dengan kenyataan di lapangan cukup bias bahkan sangat signifikan. Oleh sebab itu, masyarakat harus cerdas menyikapi informasi yang diterima. Melalui acara PRMH diharapkan masyarakat terutama generasi muda semakin cerdas dalam memilah informasi," sebutnya.

Firdaus juga berpesan, jika menerima berita atau informasi yang kevalidan nya sangat diragukan. Namun itu dikonsumsi secara terus menerus, maka akan sangat berbahaya bagi pola pikir. Untuk itu, menurutnya edukasi tentang pemilahan mana informasi yang asli dan mana yang hoax sangat diperlukan.

"Media juga punya peranan penting dalam hal mengedukasi masyarakat terkait informasi hoax ini. Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini, segala informasi dapat dengan cepat didapatkan oleh masyarakat," ujarnya.

 

Contact person lomba :
1. Lomba jalan santai (JB 081277343663)
2. Lomba Gerak Jalan Pelajar (Surya 085265466213)
3. Lomba Lagu Melawan Hoax (Randi 081261357958)
4. Lomba Meme Melawan Hoax (Aldo 081268209999)

 

 


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...