Buah ceri untuk sembuhkan asam urat. Gambar: arthritis.org

Waduh, ini Buah-buahan yang Bikin Asam Urat Kambuh dan Sulit Sembuh

Rabu,17 Oktober 2018 - 16:17:50 WIB Di Baca : 82421 Kali

Riauaktual.com - Serangan asam urat tidak menyenangkan. Rasa sakitnya sangat buruk, sehingga penderita asam urat sering dirawat di rumah sakit selama berhari-hari, bahkan hingga berminggu-minggu.

Sayangnya, meskipun Anda sudah sembuh dari asam urat, penyakit ini kerap kambuh lagi dan terasa makin parah. Apalagi jika Anda sering mengonsumsi buah-buahan berikut ini, yang terasa menyegarkan di kala siang hari yang terik.

Meskipun terasa menyegarkan, ternyata mengonsumsi buah-buahan ini bisa menyebabkan asam urat kerap kambuh dan terasa lebih menyakitkan. Meskipun buah-buahan sehat, namun ada batasan konsumsi yang harus Anda patuhi. Buah-buahan apa saja?

Loading...

Dikutip dari dietvsdisease.org, sering kali mengonsumsi buah-buahan tertentu dapat memicu serangan asa urat berulang. Terutama buah-buahan yang mengandung gula tinggi seperti semangka, apel hingga kurma.

Buah-buahan ini merupakan sumber alami fruktosa, yang juga dikaitkan dengan asam urat.

Ini adalah area yang sangat kontroversial, karena beberapa penelitian telah menghubungkan asupan buah yang lebih tinggi dengan peningkatan asam urat dalam darah. Meskipun buah mengandung serat yang tinggi.

Dan tidak seperti jus buah dan minuman manis lainnya, buah utuh lebih bergizi dan umumnya baik untuk kesehatan.

Namun jika Anda terus-menerus mengalami serangan asam urat, meskipun tidak minum alkohol dan minuman manis, bisa jadi karena konsumsi buah-buahan ini dalam jumlah yang banyak.

Jadi, mengurangi konsumsi buah-buahan yang kaya fruktosa jadi sangat penting untuk menghindari kambuhnya asam urat.

Fruktosa diduga menstimulasi produksi asam urat, dengan cara yang mirip dengan alkohol.

Satu studi menemukan bahwa konsumsi apel atau jeruk - buah paling populer dalam penelitian ini - dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat. Dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang dari satu porsi buah per bulan.

Tiga buah apel ukuran sedang, tiga buah kurma, atau 2,5 irisan semangka, sama dengan mengonsumsi satu botol minuman ringan. Juga termasuk buah-buahan yang mengandung fruktosa tinggi lainnya, seperti melon, mangga, jambu air hingga pisang matang.

Jika kandungan gula dalam minuman ringan dan jus dapat berkontribusi langsung ke asam urat, maka buah dapat berkontribusi yang sama.

Sementara itu, dikutip dari arthritis.org, buah untuk obat asam urat dan aman untuk dikonsumsi adalah:

Ceri
Makan ceri dapat menurunkan risiko serangan asam urat. Pigmen merah-ungu dalam buah ini - disebut anthocyanin - memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Dan dianggap memberikan perlindungan bagi tubuh.

Jeruk
Pilih yang asam, mengandung vitamin C yang menurunkan kadar asam urat dan dapat membantu mencegah serangan asam urat. Sebagian besar penelitian menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya 500 mg per hari. Karena buah juga mengandung fruktosa, yang dikaitkan dengan peningkatan kadar asam urat. Jeruk bali, nanas dan stroberi mengandung vitamin C yang tinggi, tetapi rendah fruktosa.


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...