Ilustrasi, wanita batuk (int)

5 Bahan Alami Ini Hilangkan Dahak dan Lendir dengan Cepat

Minggu,14 Oktober 2018 - 06:27:50 WIB Di Baca : 29324 Kali

Riauaktual.com - Semua orang pasti akan merasa tidak nyaman jika terdapat lendir dan dahak di saluran hidung atau di tenggorokannya. Hal ini juga dapat menyebabkan sesak di dada, batuk terus-menerus, dan susah bernapas.

 
Selain mengganggu aktivitas, jika tidak segera diobati, kondisi ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius. Berikut lima solusi alami yang dapat dengan cepat menghilangkan lendir dan dahak.
 
1. Kunyit
Bahan aktif dalam kunyit, yaitu kurkumin, bertanggung jawab atas sebagian besar khasiat obatnya. Ini mampu melawan bakteri, dan bila dikombinasikan dengan garam, mampu menenangkan infeksi dan mengobati sakit tenggorokan.
 
Bahan:
1 sendok teh kunyit
1/2 sendok teh garam
1 gelas air hangat
 
Cara membuat:
Tambahkan satu sendok makan kunyit ke dalam segelas air hangat, tambahkan juga garam, lalu aduk hingga larut. Minumlah 3-4 kali sehari untuk mengeluarkan lendir dan mengurangi penumpukan dahak di tenggorokan.
 
2. Jahe
Jahe merupakan agen dekongestan dan antihistamin alami yang potensial, dengan sifat antibakteri dan antivirusnya yang kuat mampu meningkatkan kekebalan dan mengobati banyak penyakit. Akar kuat ini juga mampu menenangkan dahak dan mengeringkan lendir berlebih. Anda harus mengunyah beberapa irisan jahe setiap hari.
 
3. Cuka apel
Cuka apel merupakan salah satu keajaiban alam yang sangat sehat yang mampu mengatur keseimbangan pH dalam tubuh dan mencegah produksi lendir berlebih. Anda harus menambahkan satu sendok teh cuka apel mentah tanpa disaring ke dalam segelas air, aduk, dan minumlah beberapa kali sehari untuk menghilangkan dahak. Untuk mengobati sakit tenggorokan, Anda juga bisa berkumur dengan larutan ini.
 
4. Madu dan 5. Lemon
Sifat antibakteri, antivirus, dan anti-jamur yang kuat dari madu mampu menenangkan saluran pernapasan yang teriritasi. Sedangkan kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan membersihkan saluran udara. Kombinasi ini merupakan pengobatan batuk yang hebat dan alami.
 
Bahan:
1 sendok makan madu
2 sendok makan perasan lemon
 
Cara membuat :
Campur bahan dalam mangkuk dan aduk rata. Minum campuran ini tiga kali sehari untuk meringankan batuk Anda.
 
 
Sumber: Healthy Food House


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...