Pengakuan Sarwendah Soal Uneg-unegnya Saat Ruben Onsu Ngotot Angkat Betrand Peto Jadi Anaknya

Redaksi

Senin, 16 Desember 2019 - 18:49:29 WIB | Cetak


Ilustrasi (net)



Riauaktual.com - Nama Sarwendah, Betrand Peto, dan Ruben Onsu akhir-akhir ini menjadi sorotan. Pasalnya, ia dan Sarwendah baru saja mengangkat Betrand Peto sebagai anak laki-laki mereka.

Ternyata ada gosip miring kerap menghampiri keluarga The Onsu Family yang terdiri dari Ruben Onsu, Sarwendah, Thalia Putri Onsu, dan Thania Putri Onsu. Usai permasalahan teror mengerikan terhadap bisnis Ruben Onsu, kini The Onsu Family kembali diserang isu miring soal keintiman Sarwendah dengan anak angkatnya, Betrand Peto.

 

Pengakuan Sarwendah soal alasan Ruben adopsi Betrand


Perlakuan Sarwendah dianggap berlebihan karena membiarkan Betrand Peto gelendotan, gigit, dan cium Sarwendah. Hal itu tentu saja menuai kritik tajam dari para netizen. Salah satu hal yang menjadi viral adalah ketika apa alasan The Onsu Family mengangkat Betrand Peto sebagai anak.

Dalam tayangan di YouTube channel Melaney Ricardo dengan sekmen 1,2,3 jawab semuanya, Sarwendah blak-blakan soal alasan Betrand Peto diangkat anak. Pada tayangan video tersebut, Sarwendah menceritakan awal mula mengapa ia dan suaminya, Ruben Onsu mengadopsi Betrand Peto.

"Pertamanya Ruben Onsu, pada saat dia ketemu kakak (Betrand Peto) di Brownis, waktu itu aku lagi ada di Singapura, dan dia cuma bilang, yank ada anak kecil suaranya bagus, gak kepikiran bakal diadopsi, karena meski dia viral tapi kan banyak anak-anak yang viral juga, akhirnya dia produserin, oh yaudah gitu, mungkin menurut dia anak ini suaranya bagus banget," kata Sarwendah pada Melaney Ricardo, Rabu (27/11/2019).

 

Reaksi Sarwendah saat Ruben angkat Betrand jadi anak


Setelah itu, Melaney Ricardo bertanya kapan awal mula Ruben Onsu mengajaknya bicara kemudian bicara soal bakal mengadopsi Betrand Peto.

"Kapan Ruben Onsu datang ke kamu dan bilang aku mau mengadopsi anak ini? lu inget gak wen?," tanya Melaney Ricardo.

Mendengar pertanyaan Melaney Ricardo, Sarwendah langsung menjawabnya.

"Ketika dia (Betrand Peto) manggil aku bunda, dia nginep dulu waktu itu, dia belum bilang, saat itu, Bensu bilang kayaknya aku mau ngangkat dia jadi anak deh, oh yaudah, aku kira dia udah pikir matang-matang, enggak apa-apa it's oke," kata Sarwendah.

 

Sarwendah akui uneg-unegnya


Meski cenderung menerima keputusan Ruben Onsu soal mengangkat Betrand Peto sebagai anak, ternyata Sarwendah juga awalnya mempunyai unek-unek. Unek-unek Sarwendah disampaikan langsung pada Melaney Ricardo.

"Sebenernya waktu awal-awal itu bingung, karena canggung, karena dia cowok, dan dia teenager, orang bilang udah akil baligh, kalau masalah materi bisalah kita sama, tapi perlakuan sama Thalia dan Thania beda. Jadi waktu pertama kali datang, kalau aku sama Thalia itu kan sweet gitu ya, peluk, cium gitu. aku nanya ke Bensu, yank apa enggak apa-apa? tapi dalam hati aku mikir, kalau dia anak gue beneran, pasti gue akan lakuin dia kayak gitu, jadi aku peluk, aku cium," kata Sarwendah.

 

Betrand minum ASI Sarwendah

Istri Ruben Onsu, Sarwendah Tan membenarkan memberikan Air Susu Ibu (ASI) perah untuk anak asuhnya, Betrand Peto. Saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019), Sarwendah menjelaskan alasan memberikan Betrand ASI perah.

Diketahui Betrand belum pernah merasakan ASI sebelumnya. Sebab sewaktu bayi, Betrand hanya diberikan minum air teh oleh ibu kandungnya.

"Jadi, pada saat itu aku nyusuin Thalia dan Thania. Aku masih sering ngobrol (dengan Bertand), aku menghadap sini, dia menghadap sana. Jadi, pas aku nyusuin, dia selalu bilang 'Thania happy ya karena ada bundanya yang nyusuin'," kata Sarwendah.

"Dia (Betrand) juga bilang 'kakak dulu waktu kecil dikasihnya teh sama omah'. Terus aku bilang, 'kakak kalo mau, bunda ada ASI-nya. Kakak kalau mau minum boleh'. Terus akhirnya semenjak itu dia nyusu," imbuh Sarwendah.

 

Awalnya Sarwendah mengira bercanda

Selain itu, Sarwendah mengungkapkan reaksi Betrand saat merasakan ASI perah miliknya.

"Dia happy, dia bilang 'manis ya, Bun'," kata Sarwendah.

Kepada awak media, Sarwendah sempat menganggap permintaan Betrand hanya candaan.

"Awalnya, aku kira becanda gitu. Ternyata, benar dia minta minum dan setiap hari dia minta. Jadi, kita siapin," ucap Sarwendah.

 

Sarwendah siapkan satu kulkas ASI untuk Betrand


Siapkan satu kulkas ASI perah Lebih lanjut, Sarwendah mengatakan bahwa ia sudah menyiapkan satu kulkas berisi ASI perah untuk Betrand.

"Iya, kebetulan emang freezer-nya di rumah yang khusus ASI ada dua. Satu yang punya kakak (Betrand), satu yang punya Thania," ungkap Sarwendah.

Meski memberi ASI perahnya untuk Betrand, istri dari Ruben Onsu itu menegaskan bahwa stok ASI untuk Thania tetap aman.

"Kalau Thania itu lebih fresh karena masih kecil. Yang dibekuin itu biasanya untuk kakak (Betrand). Karena kan ASI juga ada cara penyimpanan kan," kata Sarwendah.

 

Penjelasan Ruben

Menurut Ruben, justru ia yang menawarkan pada Betrand untuk meminum ASI Sarwendah. Ia mengaku tak mempermasalahkan anak angkatnya yang sudah berusia 14 tahun tersebut meminum ASI dari Sarwendah. Apalagi, ASI yang diberikan pada Betrand adalah susu hasil pompa. Sehingga, tidak meminum langsung dari Sarwendah.

“Dia (Betrand Peto) sudah jadi anak kami. Jadi, saya tawarin 'kakak mau minum susu bunda?' Kan ada susunya Wenda yang dipompa,” kata Ruben Onsu saat dijumpai di kawasan Tendean, Jakarta Selatan pada Senin (18/11/2019).

 

Kemarahan Ruben Onsu Saat Foto Betrand Peto Diedit


Pembawa acara Ruben Onsu naik pitam. Ruben tak terima saat ada yang mengedit foto wajah anaknya, Betrand Peto menjadi hewan. Ia mengambil langkah tegas dan pernyataan keras diambil agar tidak ada yang berani mengganggu keluarganya. Lapor polisi Pihak manajemen Betrand melaporkan beberapa pemilik akun Instagram dan Facebook ke Polda Metro Jaya, Senin (11/11/2019). Mereka resmi melaporkan beberapa akun tersebut dengan nomor laporan LP/7253/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus.

"Kita juga mendampingi saudara Terry yang juga merupakan manajer dari Bertrand. Di mana beberapa waktu yang lalu, banyak sekali di media sosial yang mengubah-ubah wajah asli (Betrand Peto) dengan wajah hewan. Ada kata-kata yang tidak bagus, ada juga ancaman,” kata kuasa hukum pihak manajemen Betrand, Minola Sebayang, di Polda Metro Jaya.

Minola hadir ke Polda Metro Jaya bersama adik artis peran Jordi Onsu, perwakilan manajemen sekaligus adik dari Ruben Onsu Minola mengatakan, pihaknya melaporkan beberapa akun media sosial tersebut dengan dugaan pencemaran nama baik. Pasal yang digunakan adalah Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) UU RI no. 19 Tahun 2016 tentang ITE. Namun, Minola belum bisa menyebut nama-nama dari beberapa akun media yang dilaporkan. Sementara itu, Jordi Onsu mengatakan bahwa Betrand Peto telah mengalami kerugian terlebih dari segi nama baik.

“Kita selaku menajemen Terry khususnya ada banyak kerugian immaterial dan material. Dari segi manajemen, nama baiknya Betrand dan keluarga dan lain-lain,” ucap Jordi Onsu.

 

Jordi Onsu ikut geram


Jordi Onsu Geram Jordi langsung geram mengetahui Betrand Peto menjadi bahan olok-olokan netizen di Instagram dan Facebook. Sebagai paman, Jordi Onsu lalu mempertanyakan netizen yang sengaja mengedit wajah Betrand Peto dengan hewan.

“Jujur ini lebih kaya, ini orang bikinnya pakai hati apa enggak sih?” kata Jordi Onsu saat dijumpai di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

Selain itu, Jordi Onsu tak habis pikir lantaran banyak yang menyebut editan itu hanya lelucon semata. Padahal, menurut Jordi, apa yang dianggap lelucon itu bisa berdampak tidak baik pada psikologis Betrand Peto. Ruben Onsu menegaskan, ini saatnya ia sebagai orangtua untuk membela putranya.

"Dari kemarin saya diam saja, karena satu, dua, tiga, diam. Makin saya diam, akun comberan makin banyak nih," ujar Ruben Onsu dengan nada tinggi di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

 

Ruben Onsu murka


Ruben Onsu juga mengaku bisa jauh lebih gila ketimbang rekannya sesama artis, Nikita Mirzani, ketika keluarganya sudah disenggol.

"Lu belum tahu mulut gue nih. Lu lihat Nikita Mirzani, sarap, tetapi gue lebih gila dari dia. Lu jangan mancing-mancing gue ya, lu sudah senggol keluarga gue," kata Ruben Onsu.

Ruben tak habis pikir dengan oknum yang mengedit foto putranya. Sebab, ia merasa Betrand Peto tidak pernah menyenggol maupun berbuat salah dengan pihak lain.

 

Gosip Betrand Pegang Dada Sarwendah

Keluarga Ruben Onsu kembali menjadi perbincangan di media sosial. Setelah pro dan kontra mengenai pemberian ASI milik Sarwendah kepada Betrand Peto, kini netizen berkomentar mengenai Betrand Peto yang memegang dada Sarwendah pada sebuah acara. Video tersebut merupakan potongan Instagram Story di akun media sosial milik Ruben Onsu.

Banyak netizen yang membela Sarwendah, banyak pula yang memberikan pandangan miring. Dikutip dari Kompas.com, psikolog anak dan keluarga, Astrid WEN angkat bicara mengenai hal ini.

 

Belum tentu disengaja

Setelah menonton video yang viral tersebut, Astrid berpendapat bahwa kita tidak bisa menyalahkan anak asuh Sarwendah.

“Tidak bisa ditentukan apakah intensional (disengaja) atau tidak, tidak bisa di-judge. Tapi kalau dari ceritanya, dia (Betrand Peto) yang tidak pernah dapat ASI sebelumnya dan lain-lain mengingatkan kita akan pentingnya edukasi seks sejak dini,” tutur Astrid, Rabu (11/12/2019).

Menurut Astrid, salah bila banyak orang mengatakan edukasi seks dilakukan mulai remaja.

“Edukasi seks itu harus diajarkan mulai usia 1,5 menuju 2 tahun. Bukan diajarkan tentang berhubungan seks ya, tapi hal mendasar yaitu gender,” lanjutnya.

Edukasi yang paling pertama diajarkan adalah tentang gender. Apakah anak tersebut laki-laki atau perempuan, bagaimana tubuhnya sama dengan ayahnya atau ibunya.

“Jika kasusnya anak asuh apalagi yang sudah remaja, perlu dibantu dengan edukasi atau pengajaran. Supaya tidak terjadi miskomunikasi. Ibu berhak menentukan batasan fisik, dan mengajarkan bahwa 'cara pemberian kasih sayang di keluarga ini berbeda dengan keluargamu sebelumnya',” papar Astrid.

 

Sikap refleks Sarwendah

Adapun Astrid menyebutkan bahwa Sarwendah melakukan hal yang benar.

“Kalau saya lihat di videonya, Sarwendah itu refleks menepis (tangan anaknya). Itu merupakan mekanisme pertahanan diri, penanda batasan area personal kita,” tuturnya.

Astrid menilai cara Sarwendah dengan refleks menepis tangan anaknya merupakan hal yang wajar dilakukan. Jika tidak begitu, lanjut ia, bisa jadi Sarwendah memiliki trauma akan sentuhan fisik atau kejadian yang tidak umum sebelumnya.

“Aku lihat cara Sarwendah menepis masih wajar. Ibu memang sangat berhak disentuh oleh anaknya. Namun jika sentuhan itu dirasa berlebihan oleh ibu, ibu berhak memberitahu anaknya,” lanjutnya.

Dalam hubungan ibu-anak, sentuhan adalah bukti kasih sayang. Astrid juga mengatakan dari sisi ibu sendiri, penting untuk mengatakan bahwa ‘mama sayang sama kamu, tapi mama kurang nyaman jika disentuh seperti ini’. Kemudian, menunjukkan cara sentuhan yang nyaman untuk ibu misal dengan menggengam tangan. Edukasi seperti ini akan berpengaruh terhadap relasi pertemanan dan percintaan si anak di masa mendatang.

“Cara kita memberikan batasan juga akan dicontoh oleh anak, dalam relasi pertemanan atau dengan lawan jenisnya,” tutup Astrid.

Sebagaimana diketahui, Ruben Onsu dan Sarwendah melalui akun Instagram masing-masing kerap membagikan momen kebersamaannya dengan Betrand Peto. Sejak resmi diadopsi oleh keluarga Ruben Onsu, kedekatan Betrand Peto dan orang tua angkatnya itu semakin terlihat seiring berjalannya waktu.

Baik Ruben Onsu maupun Sarwendah tak sungkan membagikan keakraban mereka dengan Betrand Peto. Namun kedekatan Sarwendah dengan Betrand Peto justru mendapatkan cibiran dari netizen. Bahkan para netizen ini juga mempermasalahkan kondisi Betrand Peto yang sedang mengalami masa pubertas.

 

Ruben angkat bicara

Menanggapi hal ini Ruben Onsu akhirnya angkat bicara. Menurut Ruben, kedekatan yang terjalin antara Sarwendah dan dirinya dengan Betrand Peto merupakan hal wajar selayaknya orang tua dan anak.

"Wenda dan Betrand Peto itu ya ibu dan anak, ayah dan anak normal seperti gimana sih," ujar Ruben saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (27/11/2019).

Kakak Jordi Onsu sepenuhnya memahami kondisi Betrand yang kini sedang menginjak masa pubertas.

"Betrand mulai akhil baligh, saya sudah tahu, saya juga kan akhil baligh, masa saya gak ngerti. Jadi orang ini terlalu banyak mendikte," ujarnya.

 

Ruben beberkan perjuangan Sarwendah asuh Betrand


Lalu melalui unggahan terbaru di Instagramnya pada Jumat (29/11/2019), Ruben membeberkan perjuangannya dan Sarwendah mengasuh Betrand yang sudah menginjak remaja. Unggahan tersebut menampilkan Ruben dan Sarwendah yang sedang mendengarkan dengan saksama saat Betrand sedang bercerita. Melalui caption yang ditulis, Ruben mengungkapkan dirinya dan Sarwendah selalu meluangkan waktu untuk mendengarkan curahan hati Betrand.

Ruben dan Sarwendah membebaskan Betrand untuk bercerita tentang apa saja yang dia alami baik di sekolah maupun tentang masa lalunya. Menurut Ruben hal ini dilakukan agar putranya itu bisa terbuka kepada kedua orang tuanya apalagi di masa pubertas seperti ini.

"Ini salah satu bagaimana kami mendengarkan semua yg dia ingin ceritakan kan, kami selalu lakukan ini krn untuk tau lebih jauh anak ini, krn moment seperti ini saat nya dia cerita masa lalu nya atau sinyo bisa cerita apa yg dia kerjakan di sekolah.

Kami menganggap ini hal penting untuk dia bisa bebas bercerita kepada kami untuk melatih anak ini terbuka dan tak berjarak jika ada sesuatu yg dia rasa kurang nyaman dari apa yg dia lihat atau dia alami tanpa di sebelah kami nanti.

Mengingat putra kami sudah beranjak remaja jadi komunikasi kami harus rutin dan lebih banyak lagi guna untuk kami lebih detail tau setiap jika ada perubahan anak kami," tulis Ruben.

 

Ruben ungkap perjuangannya besarkan Betrand


Ruben juga menjelaskan perjuangannya mengasuh Betrand yang karakternya sudah terbentuk dari lingkungan yang sebelumnya.

Suami Sarwendah mengaku membutuhkan waktu untuk benar-benar bisa mengarahkan dan membentuk karakter Betrand menjadi lebih baik lagi. Bahkan Ruben juga menjelaskan betapa sulitnya membuat Betrand tersenyum.

"Untuk membuat anak ini tersenyum atau tertawa sangatlah susah itu yg saya bilang pola yg sudah terbentuk dan kami mencoba pola kami supaya bisa dia rubah tp itupun hrs di kasih penjelasan krn sinyo bukan anak2 lagi, jd alasan yv tepat dan di terima pikiran nya pasti dia rubah," lanjutnya.

Sahabat Ivan Gunawan ini juga meminta netizen yang kerap memberikan cibiran kepada keluarganya untuk bisa memahami kondisinya ini. Ruben mengakui ia dan Sarwendah masih memiliki banyak kekurangan soal mengasuh anak remaja.

"Untuk mereka yg berfikiran negatif semoga bisa mengerti hal ini, krn tidak mudah menjadi kami saat ini, krn saat saya focus di 2 putri saya yg masih kecil, tiba2 Tuhan kirim putra untuk kami dan kami hrs lompat belajar untuk menjadi orang tua anak usia 14 tahun.

Jika ada kekurangan itulah kami yg masih belajar melakukan yg terbaik untuk anak2 kami.

Dan Terima kasih untuk kalian yg sudah support kami tanpa henti, hanya kata terima kasih dan doa tulus untuk kalian semua yg support kami tanpa henti," pungkasnya.

 

Curi perhatian seorang paranormal

Betrand Peto gigit dan cium Sarwendah, putra Ruben Onsu itu tak segan gelendotan dengan istri Ruben Onsu. Momen kebersamaan keluarga kecil Ruben Onsu memang selalu menarik untuk dibahas, apalagi saat Betrand Peto datang ke kehidupannya. Meski tak jarang kedekatan ibu dan anak ini menuai beragam komentar karena dianggap terlalu dekat.

Seperti saat momen makan malam keluarga The Bensu ini, Betrand Peto yang duduk di samping Sarwedah nampak begitu manja. Ia tak segan memeluk Sarwendah yang kini jadi ibunya. Mengenakan kaos berwarna senada, Betrand Peto tampak begitu sayang pada keluarga barunya, apalagi sang ibu. Maklum, Betrand Peto sudah ditinggalkan sang bunda kandung saat usianya masih sangat kecil.

Betrand Peto juga nampak tak kuasa menahan gemas. Ia sesekali menggit lengan Sarwendah. Wendah yang sedang makan nampak kaget. Iajuga mendorong Betrand Peto dengan ekspresi kesakitan.

Aksi manja Betrand Peto gelendotan dengan Sarwendah juga terjadi baru-baru ini. Aksi gelendotan Betrand Peto ini dinilai tak wajar. Akun instagram @riweuh_id mengunggah potongan video saat Betrand tengah bersikap manja pada Sarwendah.

 

Pandangan Mbak You soal kedekatan Betrand dan Sarwendah


Dalam video tersebut, Betrand Peto tengah duduk dipangku oleh Sarwendah. Memang, mereka nampak begitu dekat. Video tersebut menjadi sorotan lantaran Betrand gelendotan pada bagian dada Sarwendah. Netizen ikut berkomentar akan hal tersebut.

Tak hanya gelendotan manja pada Sarwendah, Betrand Peto pun meminta Sarwendah untuk menciumnya. Sarwendah lalu menuruti kemauan putranya. Kedekatan Betrand Peto dan Sarwendah yang dianggap di luar batas, membuat Mbak You, paranormal yang ikut mengomentari perilaku Betrand Peto pada ibu angkatnya itu. Mbak You Beranggapan jika perilaku Betrand Peto itu tergolong berlebihan dan diluar batas.

"Masa puber kalo terlalu berlebih-lebihan juga tidak bagus, menurut kaca mata saya loh," kata Mbak You.

"Siapapun punya cara pandang yang sama," imbuhnya.

"Oke sayang, itu bagus banget, merangkul sangat bagus sekali. Tapi apa perlu seperti sedemikian rupa. Apa perlu dengan bergaya seperti itu?" tambah Mbak You.

 

Peringatan Mbak You

Betrand Peto sendiri kini telah menginjak usia 13 tahun. Hal tersebut menandakan jika ia telah memasuki masa pubertas. Kedekatan yang terjalin antara keduanya menurut Mbak You perlu mendapat perhatian. Baginya perlu adanya peran Ruben Onsu sebagai ayah, untuk selalu mengingatkan Betrand Peto.

"Anak kandung sendiri melakukan seperti itu sudah jarang ya," kata Mbak You lagi.

"Kemesraan dengan ibu atau bapak itu akan beda, apalagi di masa puber, harus diarahkan," tambahnya.

Ia menjelaskan kembali bahwa niatannya memberi nasihat ini bertujuan baik.

"Tapi maksud saya, walaupun maksudnya baik, tapi diterima anak ini jadi tidak baik, tujuannya menasihati, jadi ada sebuah benturan, dan ini anak akan melompat pergi," beber Mbak You.

"Dan semua niat baik tidak selalu diterima baik pula, semua hal lazim tidak diterima dengan lazim pula, kembali ke pribadi masing-masing," ungkapnya.

Makin dewasa, kini Betrand Peto sudah memasuki masa pubernya, hal ini  menjadi PR tersendiri bagi Ruben Onsu dan Sarwendah.

 

 

Sumber: planet.merdeka.com





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index